Profil SMK Darut Taqwa - SMK PK SPD
2024
- Visi:
o Terbentuknya Lulusan Yang
Berakhlaqul Karimah, Terampil, Mandiri Dan Berdaya Saing Tinggi
- Misi:
o Menanamkan nilai-nilai Islam sebagai
way of life siswa SMKS Darut Taqwa
o Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan
dalam rangka penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di lingkungan
Pondok Pesantren.
o Menumbuhkembangkan jiwa
kewirausahaan pada siswa SMK
o Menyiapkan siswa agar dapat berperan
di masyarakat dan memasuki dunia kerja.
- Profil Sekolah:
o Identitas Sekolah
·
Nama
Sekolah : SMK Darut Taqwa
Purwosari
·
NSS : 32.2.05.19.08.027
·
NPSN : 20542535
·
Status : Terakreditasi
·
Lokasi
sekolah : Jl. Pesantren Ngalah
No. 16 Pandean Sengonagung
·
Maps : https://maps.app.goo.gl/9j8M9kkwmg6SJDMi6
·
Kecamatan : Purwosari
·
Kabupaten : Pasuruan
·
Propinsi : Jawa Timur
·
Kode
Pos : 67162
·
Website : smkdata.sch.id
·
Email :
smkdaruttaqwapurwosari@gmail.com
·
Tahun
Berdiri : 2007
·
Izin
Operasional : 186/18.02.05/02/VI/2023
·
Waktu
Belajar : Pagi (07.00 s/d
13.30)
·
Kompetensi
Keahlian :
Ø 1.4.1. Desain Pemodalan & Informasi Bangunan
(DPIB)
Ø 2.2.1. Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
Ø 2.2.2. Teknik Sepeda Motor (TSM)
Ø 4.2.1. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
Ø 8.1.1. Bisnis Digital (BD)
Ø 10.2.1. Desain Komunikasi Visual (DKV)
o Identitas Kepala Sekolah
·
Nama : Sueb, S.PdI., M.M.
·
Tempat,
Tgl. Lahir : Pasuruan, 16 Mei 1981
·
Alamat : Tanjungsari,
Tanjungarum, Sukorejo
·
Jabatan : Kepala SMK
Darut Taqwa
·
Pendidikan
Terakhir : S2
·
Jurusan : Manajemen Sumber Daya
Manusia
o Struktural SMK Darut Taqwa
·
Nasikin,
S.T. :
Waka Huki
·
M.
Musliq, M.Pd. : Waka Kesiswaan
·
Nanang
Subagio, S.Pd. : Waka
Kurikulum
·
M.
Yaqub, S.Kom. : Waka Sarana
·
Dr.
Moh. Mujib Ridwan, M.Ed. : Waka
Manajemen Mutu
·
Naimulloh,
S.T. : Kakomli DPIB
·
Anang
Sujono, S.Pd. : Kakomli TKR
·
Dwi
Agus Purwanto, S.T. : Kakomli TSM
·
Hasan
Suaedi, S.Kom : Kakomli TKJ
·
Khoirul
Anwar, S.Pd.I. : Kakomli BD
·
Akhmad
Barizi, M.Kom : Kakomli DKV
·
Mochamad
Sirodjudin, M.M. M.Kom. :Kepala
TU
·
Siti
Halimah, SE., S.Pd. : Bendahara SMK
·
Moch.
Danial Hadi S.Kom. : Bendahara BOS
·
Wiwit
Zahrotul Wahdan, S.Pd. : Bendahara BPOPP
·
Saiful
Anwar, S.Kom. : Staff Dapodik
·
Muhammad
Idris Marzuki, M.Pd. : Staff Kesiswaan - Administrasi
·
Faruq
Tamam :
Staff Kesiswaan – Tatib X
·
Imroatus
Sholikha Azzuhriyah, M.Si. : Staff Kesiswaan – Tatib XI
·
Muhammad
Tholib, M.Pd. : Staff Kesiswaan – Tatib XII & Keagamaan
·
Siti
Khabibah, S.T. : Staff Keuangan
·
Muhammad
Mahrus Ali, M.Kom. : Staff Kurikulum
·
Azah
Lailaturrosida, S.Pd. : Staff Kurikulum
·
Hikmatul
Afiyah, S.Sos. : Staff Pengindukan
·
M.
Ridwan, M.P. : Staff HUKI
·
Rochmawati,
S.Kom. :
Kepala Perpustakaan
·
M.
Ridwan Al-Khoir : Staff Sarana
·
Nailul
Faricha, S.Pd. : Staff Surat & Kepegawaian
·
Lumhatus
Shofi Sa’adah : Staff Perpustakaan
·
Ahmad
Bayhaki, S.Kom. : Toolman Informatika
·
Adi
Purwito : Toolman TSM
·
M.
Hakkul Qoul : Toolman TKJ
·
M.
Mifathul Ulum Rizal,S.T. : Toolman TKR
·
Fa’iz
Atoillah, S.T. : Toolman DPIB
·
Zidan
Kurnia Fiqih, S.A.B. : Toolman BD
·
Nahdiyah
Firdausi, S.T. : BP/BK - Administrasi
·
M.
Luqman Hakim, S.Psi : BP/BK Kelas X
·
Akhmad
Makhbubillah, S.Psi : BP/BK Kelas XI
·
Nuril
Khasanah,S.Psi. : BP/BK Kelas XII
·
Mochamad
Rofiqi, S.Psi. : Pembina OSIS
·
Abdul
Rasyid :
Caraka
·
Atikah :
Caraka
·
Choirul
Huda :
Driver
·
Nur
Khamim :
Satpam
·
M.
Abd. Salam : Satpam
·
Mansyur :
Satpam
·
Munir :
Satpam
o Luas tanah dan bangunan.
·
Luas
Lahan : 7.889,36 m2
·
Luas
Bangunan : 4.527,78 m2
·
Lahan
Kosong : 3.361,58 m2
o Fasilitas sekolah
·
Ruang
Kelas : 36 ruang
·
Ruang
Perkantoran : 3 ruang
·
Ruang
Guru : 1 ruang
·
Ruang
UKS : 1 ruang
·
Ruang
BK : 1 ruang
·
Aula : 1 ruang
·
Hallmeet : 1 ruang
·
Perpustakaan : 1 ruang
·
Lab.
DPIB : 2 ruang
·
Bengkel
TKR : 1 rps
·
Bengkel
TSM : 1 rps
·
Lab.
TKJ : 3 ruang
·
Lab.
BD : 2 ruang
·
Lab.
DKV : 3 ruang
·
Lab.
Informatika : 2 ruang
·
Masjid : 1 masjid
·
Kantin : 5 ruang
·
Lapangan : 1 lapangan
·
Parkir : 4 lokasi
·
Pantry : 1 ruang
·
Toilet : 25 toilet
o Akreditasi sekolah.
·
2017-2022 : Otomotif (TKR – TSM) A
·
2017-2022 : Informatika (TKJ – MM) A
·
2018-2022 : B
·
2022-2027 : B
- Program Studi:
o DPIB – Desain Pemodelan dan
Informasi Bangunan
o TKR – Teknik Kendaraan Ringan
o TSM – Teknik Sepeda Motor
o TKJ – Teknik Komputer dan Jaringan
o BD – Bisnis Digital
o DKV – Desain Komunikasi Visual
- Sejarah Singkat:
o Latar belakang berdirinya sekolah.
·
SMK
Kecil Darut Taqwa berdiri dilatar belakangi oleh adanya tuntutan kebutuhan
masyarakat dan ditandainya Memorandum Of Understanding ( MoU) kerjasama antara
MA. Darut Taqwa dengan SMKN I Purwosari untuk menyelenggarakan program
pelatihan kecakapan hidup (life skill education) pada tahun pelajaran
2002/2003. Program ini ditujukan untuk memberikan nilai tambah berupa
ketrampilan khusus bagi lulusan MA. Darut Taqwa. Sebanyak 300 siswa dari 700
siswa MA. Darut Taqwa yang sebagian besar merupakan santri Pondok Pesantren
Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan mengikuti program pelatihan vocasional
tersebut. Program pelatihan kecakapan hidup tersebut dilaksanakan menggunakan
pola pembelajaran ekstrakurikuler mulai pukul 13.30 WIB sampai pukul 17.15 WIB.
·
Siswa
yang mengikuti progam pelatihan kecakapan hidup (life skill education) ini
adalah siswa kelas II dan kelas III. Selain bidang ketrampilan Tata Busana
pelatihan dilaksanakan di SMKN I Purwosari dengan Instruktur berasal dari SMKN
I Purwosari dan dari MA DT. Ada beberapa alasan ditempatkannya pelatihan di
SMKN I Purwosari salah satunya adalah adanya kelengkapan infrastruktur dan
peralatan praktek pendidikan vocasional yang dimiliki SMKN I Purwosari.
·
Pada
akhir tahun pelajaran 2002/2003 diadakan evaluasi pelaksanaan Program Pelatihan
Kecakapan Hidup tersebut. Hasil evaluasi antara lain, adalah;
Ø Minat santri PP. Ngalah yang diasuh
oleh KH. M. Sholeh Bahruddin, khususnya siswa MA. Darut Taqwa sangat besar
untuk mendapatkan pelatihan ketrampilan kecakapan hidup
Ø Pelaksanaan pelatihan di SMKN I
Purwosari yang berjarak 5 km dari lokasi MA. Darut Taqwa menjadi kendala karena
tidak efisien dari segi dana (biaya transportasi) dan waktu (keterlambatan
kedatangan siswa).
Ø Sebagian besar peserta pelatihan
yang merupakan santri PP. Ngalah harus mengikuti kegiatan pengajian di dalam
Pesantren.
·
Oleh
karena itu direkomendasikan agar pelaksanaan program pelatihan dilaksanakan di
lingkungan MA. Darut Taqwa. Selanjutnya pada bulan Pebruari 2003 bergulirlah
program SMK Kecil dari DIKMENJUR DEPDIKNAS RI. Program SMK Kecil ini diresmikan
oleh MENDIKNAS (Bapak Prof. A. Malik Fajar, M.Sc) di VEDC Malang pada tanggal
27 Mei 2003 M. Konsep dasar program ini adalah pendidikan kejuruan tingkat
menengah yang diselenggarakan di Pondok Pesantren dan dibina oleh SMK Negeri
terdekat selaku SMK induk.
·
Kemudian
pada tahun 2007, program SMK Kecil telah berakhir dan SMK Darut Taqwa berdiri
sendiri sebagai SMK Swasta. Adapun Kepala Sekolah nya adalah sebagai berikut:
Ø 2003 – 2007 : Dr. H. Saifulloh, M.HI.
Ø 2007 – 2017 : Dr. H. M. Sholihun, S.PdI., M.M.
Ø 2017 - … : Sueb, S.PdI.,
M.M.
o Perkembangan sekolah dari tahun ke
tahun.
·
No Tahun Kelas
X Kelas XI Kelas XII Total
·
1 2016 332 279 229 840
·
2 2017 325 298 260 883
·
3 2018 360 300 276 936
·
4 2019 357 339 288 984
·
5 2020 350 327 312 989
·
6 2021 336 343 303 982
·
7 2022 328 326 309 963
·
8 2023 375 323 322 1020
·
9 2024 333 344 307 984
o Asal daerah siswa tahun 2024
·
Kelas X :
Pasuruan 261, Luar Pasuruan 82
·
Kelas XI :
Pasuruan 251, Luar Pasuruan 141
·
Kelas XII :
Pasuruan 255, Luar Pasuruan 92
o Prestasi-prestasi yang pernah
diraih.
·
2009:
Desain Web Sekolah – Miftachul Munir XI TKJ
·
2018:
Judo Junior Koni Cup – Aulia Jaafi XI TKJ
·
2018:
Putri Ameera – Riska Amelia XI MM
·
2018
: Kreasi Busana Daur Ulang – Riska Amelia XI MM
·
2018:
Pagar Nusa - Afifudin XI TKJ
·
2019:
Film Dokumenter – Bayyina Muna Sandi XII MM
·
2019:
Lomba Debat – Riska Amelia XII MM dan Imam XII TKJ
·
2019:
Duta Genre - Riska Amelia XII MM
·
2019:
PMR Wira – Juara Umum
·
2019:
Tejowangi Cup – Tim Sepakbola
·
2019:
Honda Teacher Skill Regional 2 – Bapak Anang Setiawan, S.T.
·
2019:
Duta Isnu Regional Jatim – Bapak Naimulloh, S.T.
·
2019:
Pospeda Pagar Nusa – Farid Darul Murtadlo X TSM
·
2019:
Pospenas Bandung - Farid Darul Murtadlo X TSM
·
2019:
LKS TSM Wilker 2 – M. Sya’dulloh XII TSM
·
2019:
LKS TKJ Wilker 2 – M. Syakirul Ilmi XII TKJ
·
2019:
Pagar Nusa Pasuruan - Farid Darul Murtadlo X TSM
·
2020:
Unisda Championship – Tim Pagar Nusa
·
2020:
Albanjari Jawa Timur – Tim Banjari
·
2020:
Albanjari Pasuruan – Tim Banjari
·
2020:
Banyuwangi International Championship – Tim Pagar Nusa
·
2020:
English Debate – Nur Muhammad Waladul Awwal XII MM
·
2020:
Singing Competition – Prisky Angger X TKJ
·
2021:
Desain bonsai – Bapak Abdul Mufid, S.Pd.
·
2022:
Albanjari Pasuruan – Tim Banjari
·
2022:
Pagar Nusa NU Pasuruan – M. Fitron X MM
·
2022:
Bojonegoro Championship – Aris Defan XII BDP
·
2022:
Pidato Humanistik Fest – Ilham Masduqi X TKJ
·
2022:
ISNU Kediri Championship – Tim Pagar Nusa
·
2022:
Duta Anti Narkoba – Ahmad Uzair Yusron XII TKJ
·
2023:
Poetry & Sing Tamandayu – Putri Naiza Khusnia XII MM
·
2023:
Poetry & Sing Tamandayu – M. Adam Szalinsky XII TKR
·
2024:
Rekor Muri Puisi Akrostik – Nanang Subagio
·
2024:
Rekor Muri Puisi Akrostik – Mochamad Sirodjudin
·
2024:
Paskib Pasuruan - Kikanty Asih Basuki X BD
·
2024:
Perunggu OSSN Informatika – Ahmad Afif Afrizal XI TKJ
·
2024:
Perak Ospenas Informatika – Ahmad Afif Afrizal XI TKJ
·
2024:
Emas Ospenas Bahasa Arab– Ahmad Afif Afrizal XI TKJ
·
2024:
Final Karya Apresiasi Budaya – Singing – Mutiara Ramadhani X BD
·
2024:
Kanjuruhan Fighter Competition 2024
- Syarif Hidayatullah ( X DPIB ) Juara 3 Tunggal Tangan
kosong Remaja Putra
- Akromo Ardlhian Shah ( XI BD 1) Juara 3 D Remaja Putra
- M.Agus Damanhuri : ( X TSM 1) Juara 3 A Remaja Putra
- Salman Alfarisi : ( XI TKR 3) Juara 1 G Remaja Putra
- Aulia Nasywa Az
Zahra : ( XII Tkj 3 ) Juara 3 D Remaja Putri
- M. Misbahus Sudur : ( X TKJ 1 ) Juara 2 E Remaja Putra
- Permana Arya Wijaya Wijaya : ( XI Tsm 2 ) Juara 3 B Remaja
Putra
- 2024: Juara Harapan Peintis 1
LKBB Majapahit S2 2024
- Ekstrakurikuler:
o Pramuka
o PMR
o Pagar Nusa
o ITEC
o KIR
o Paduan Suara
o Albanjari
o Tari
o Teater
- Guru dan Tenaga Kependidikan:
o Jumlah guru dan tenaga kependidikan.
·
Jumlah
Guru : 83 (L 57, P 26)
·
Jumlah
Staff : 10 (L 8, P 2)
o Kualifikasi akademik.
·
S3 : 1 guru
·
S2 : 20 guru
·
S1 : 62 guru
·
SLTA : 10 staff
o Sertifikasi.
·
Sergur : 26 guru
·
Belum : 57 guru
- Kerjasama dengan dunia industri dan akademik:
o Auto 2000 Malang Sutoyo
o Badan Pengawas Peilihan
Umum Pasuruan
o Bank Bni
o Bank Central Asia
o Fakultas Psikologi Univ.
Yudharta
o Fakultas Agama Islam
Universitas Yudharta
o Fifgrup/Simgroup
o Himaesy Universitas
Yudharta
o Himpunan Pengusaha Muda
Indonesia (Hipmi)
o Kampus Univeritas
Yudharta
o Kano Teknologi Utama
o Kimia Farma Pandaan
o Kokoon Hotel Banyuwangi
o LPK Kanzo Indonesia
Surabaya
o LPK Koba Mirai Japan
Pandaan
o Maspion IT
o Planet Ban
o PT. Akasha Wira International Tbk. (Ades)
o PT. Arnotts & Goodtime (Support)
o PT. Az Digital Media Group
o PT. Bakso Kampungq
o PT. Bambang Djaja
o PT. Bank Btpn Syariah
o PT. Benih Citra Asia
o PT. Berkah Nusa Trans
o PT. Bisnis Digital Ekonomi
o PT. Circle Indonesia Utama
o PT. Dairyland Farm Theme Park Prigen
o PT. Duta Beton Mandiri
o PT. Duta Putri Bersaudara Saygon
o PT. Exa Institute
o PT. Faza Utama Sejahtera
o PT. Indo Bismar
o PT. Indomarco Prismatama Tbk (Indomart)
o PT. Inkasa Jaya Aluminium
o PT. Insan Medika Persada
o PT. Inti Dinamika Sistem
o PT. Itpi Technology
o PT. Karya Manunggal Jati (Inafood)
o PT. Len Indudtri
o PT. Lpk Berkah Putra Mandiri
o PT. Mayora Indah Tbk.
o PT. Meta Intermedia Teknologi
o PT. Midi Utama Indonesia *Alfamidi*
o PT. Mitra Tata Kerja
o PT. Pesta Pora Abadi (Mie Gacoan)
o PT. Pnm
o PT. Pranata Ridho Pratama
o PT. Pratama Hasta Utama Solusindo Tahta
o PT. Prima Pack Lawang
o PT. Royal Caravan Hotel & Outbound
o PT. Sadhana
o PT. Sakura (Cimory)
o PT. Sasikirana Permata Sukses
o PT. Sedaap Sejahtera Bersama
o PT. Soojin Neraswari Kosmetika (Bg Skincare)
o PT. Surya Timur Sakti Jatim
o PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha)
o PT. Swapro International
o PT. Toyo Matsu
o PT. Tri Adi Bersama
o PT. Vesco Mitra Tama
o PT. Wahyu Manunggal Sejati
o PT. Wijaya Kusumo Joyo Mulyo
o PT. Wira Agro Nusantara
o PT. Wisata Edukasi Kebun Pak Budi
o PT. World Inovatif
o PT. Yasinta Mitra Mandiri
o Robo Edu Malang
o Smkn 1 Singosari
o Toko Emas Gadjah
o Universitas 17 Agustus
1945 Surabaya
o Universitas Muhammadiyah
Sidoarjo
o Upt Balai Latihan Kerja
Pasuruan (Blk)
o PT. Arief Arsitek
o PT. Duta Beton
- Karya Guru dan Siswa:
·
2024:
Pinasthika Laksamana – Dandelion Publisher – Nanang Subagio
·
2024:
Pinasthika Laksamana – Dandelion Publisher – Mochamad Sirodjudin
·
2024:
Empowering Local SMes: Unveiling Mienat Indonesia's Motivations and Strategies
for Global Success
·
2024:
Kesiapan UMKM Di Indonesia Dalam Menggunakan Digital Payment Dalam
Bertransaksi: A Scoping Review
·
2023:
Panduan Esensial Pemasaran Untuk Umkm Strategi Efektif dalam Era Digital
·
2023:
Analisa Kepuasan Pelayanan UMKM Jasa Internet dalam Perspektif Profil Konsumen
(Studi Kasus: Konsumen JW Network Indonesia)
·
2023:
Klasifikasi Mutu Beras Menggunakan K-Nn Berbasis Backward Elimination
·
2023:
Manajemen Umkm Dan Kewirausahaan Studi Kasus Dan Hasil Pemikiran
·
2023:
Implementasi Digital Marketing Oleh UMKM Di Indonesia: A Scoping Review
·
2023:
Manajemen Terpadu Tatakelola Pedagang Kaki Lima (PKL) Dalam Upaya Penataan Dan
Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kawasan Pesantren Ngalah
·
2022:
Ceria Belajar Dengan Metodemu – Penerbit Gelombang Era Buku – Guru Siswa
·
2022:
Sertifikasi Profesi Sebagai Strategi Penguatan Kompetensi Dan Scale Up Mitra
UMKM Jasa Layanan Internet Studi Kasus Mitra ISP Datanet – Mochamad Sirodjudin
·
2022:
Menumbuhkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan melalui Program Go-Green di
SDN Pajaran I
- Program Kegiatan
a.
SMK
Pusat Keunggulan
o Sosialisasi program SMK PK SPD Baru
2024
o Workshop penyelarasan pembelajaran berbasis
dunia kerja
o Praktisi dunia kerja mengajar di SMK
o Peningkatan kompetensi guru dan
tendik Reskilling/Upskilling
o Guru magang di dunia kerja
o Workshop penguatan kelembagaan BKK
o Workshop penguatan kelembagaan BKK
o Tracer Study
o Job Fair
o Pengembangan teaching factory
o Workshop bersama komite sekolah
dalam pengembangan kerja sama dengan dunia kerja
o Persiapan magang siswa ke Jepang
o Peningkatan kapasitas kepala sekolah
o Workshop peningkatan kapasitas GTK
o IHT proses pembelajaran guru
o Implentasi KEUS melalui mapel
kejuruan, IPAS dan PKK
o Implementasi penguatan KEUS melalui
mata pelajaran PKK
o Workshop penyusunan program Literasi
Dan Numerasi
o Workshop penguatan Literasi
o Sosialsisasi Uji Kemahiran Bahasa
Indonesia
o Workshop penguatan Numerasi
o Implementasi P5
o Pembentukan dan Optimalisasi Kombel
b.
Kesiswaan
o Pembinaan Karakter:
§ Upacara bendera rutin
§ Kegiatan keagamaan
§ Pembinaan disiplin
§ Pelatihan kepemimpinan
o Kegiatan Akademik:
§ Olimpiade sains
§ Lomba karya tulis ilmiah
§ Kelas tambahan
§ Bimbingan belajar
o Kegiatan Kesenian dan Olahraga:
§ Ekstrakurikuler (musik, tari, seni
rupa, olahraga)
§ Festival seni
§ Pertandingan olahraga
o Kegiatan Sosial:
§ Kunjungan ke panti asuhan
§ Aksi bersih-bersih lingkungan
§ Penggalangan dana
o Kegiatan Organisasi Siswa Intra
Sekolah (OSIS):
§ Rapat rutin OSIS
§ Pelatihan pengurus OSIS
§ Kegiatan sosial oleh OSIS
o Program Pengembangan Diri:
§ Workshop pengembangan diri
§ Kuliah tamu
§ Career day
c.
Kurikulum
o Perencanaan:
§ Penyusunan kalender pendidikan.
§ Pengembangan kurikulum sesuai dengan
kebutuhan industri.
§ Penyusunan silabus dan RPP.
§ Pembuatan jadwal pelajaran.
§ Pembagian tugas mengajar guru.
o Pelaksanaan:
§ Proses pembelajaran tatap muka dan
daring.
§ Penerapan metode pembelajaran yang
bervariasi.
§ Penggunaan media pembelajaran yang
inovatif.
§ Kegiatan praktik kerja lapangan (PKL).
§ Kegiatan ekstrakurikuler yang
mendukung kompetensi.
o Penilaian:
§ Penilaian hasil belajar siswa secara
berkelanjutan.
§ Pengembangan instrumen penilaian
yang valid dan reliabel.
§ Analisis hasil penilaian untuk
perbaikan pembelajaran.
§ Pelaksanaan ujian sekolah dan ujian
nasional.
o Pengembangan:
§ Pelatihan guru secara berkala.
§ Studi banding ke sekolah lain.
§ Penelitian tindakan kelas (PTK).
§ Pengembangan program inovasi
pembelajaran.
o Kerjasama:
§ Membangun kerjasama dengan dunia
industri.
§ Membangun kerjasama dengan perguruan
tinggi.
§ Membangun kerjasama dengan lembaga
sertifikasi profesi.
o Evaluasi:
§ Evaluasi program secara berkala.
§ Identifikasi kendala dan mencari
solusi.
§ Penyusunan laporan hasil evaluasi.
d.
HUKI
o Sosialisasi Dunia Kerja:
§ Kunjungan industri
§ Workshop persiapan kerja
§ Talkshow dengan alumni sukses
o Pengembangan Kompetensi:
§ Pelatihan soft skills (komunikasi,
kepemimpinan, teamwork)
§ Sertifikasi kompetensi sesuai bidang
keahlian
§ Lomba-lomba keahlian
§ Kerjasama dengan Dunia Usaha dan
Industri (DUDI):
§ Magang
§ Praktik kerja lapangan
§ Rekrutmen siswa
o Pengembangan Jaringan:
§ Studi banding ke SMK lain
§ Kunjungan ke perguruan tinggi
§ Kegiatan sosial kemasyarakatan
o Pembinaan Organisasi Siswa:
§ Pelatihan kepemimpinan
§ Lomba antar organisasi
§ Kegiatan rutin organisasi
§ Evaluasi dan Pengembangan:
§ Survei kepuasan siswa
§ Evaluasi program kerja
§ Rapat koordinasi berkalaAa
e.
Sarana
o Pemeliharaan dan Perawatan:
§ Rutin:
Ø Inspeksi berkala seluruh sarana dan
prasarana.
Ø Perbaikan kecil kerusakan yang
ditemukan.
Ø Pembersihan rutin seluruh area sekolah.
Ø Pengecekan fungsi peralatan
elektronik dan mesin.
§ Periodik:
Ø Perawatan besar peralatan dan mesin.
Ø Pengecatan ulang ruangan dan
fasilitas.
Ø Penggantian komponen yang sudah aus.
o Pengadaan:
§ Perencanaan:
Ø Identifikasi kebutuhan sarana dan
prasarana baru.
Ø Penyusunan anggaran pengadaan.
Ø Pengadaan barang sesuai spesifikasi
dan anggaran.
§ Inventarisasi:
Ø Pendataan seluruh aset sekolah
secara berkala.
Ø Pembuatan laporan inventarisasi.
Ø Keamanan dan Keselamatan:
o Pencegahan:
§ Pemasangan rambu-rambu peringatan.
§ Pengecekan rutin jalur evakuasi.
§ Pelatihan penanganan darurat.
o Penanganan:
§ Penanganan cepat jika terjadi
kecelakaan atau kerusakan.
o Lingkungan:
§ Kebersihan:
Ø Pengelolaan sampah yang baik.
Ø Pemilahan sampah organik dan
non-organik.
Ø Penghijauan lingkungan sekolah.
§ Efisiensi Energi:
Ø Penggunaan lampu hemat energi.
Ø Pemeliharaan fasilitas air bersih.
§ Keterlibatan Siswa:
o Pembinaan:
§ Pembentukan tim kebersihan siswa.
§ Pelatihan perawatan peralatan
sederhana.
o Partisipasi:
§ Penglibatan siswa dalam kegiatan
pemeliharaan.
o Koordinasi:
§ Guru: Koordinasi dengan guru terkait
penggunaan ruang dan fasilitas.
§ Karyawan: Koordinasi dengan karyawan
terkait pemeliharaan kebersihan.
§ Pihak Eksternal: Koordinasi dengan
vendor untuk perbaikan besar.
o Evaluasi:
§ Berkala:
Ø Evaluasi efektivitas program.
Ø Identifikasi kendala dan solusi.
Ø Penyusunan laporan berkala.Aaa
f.
Manajemen
Mutu
o Perencanaan:
§ Menyusun Rencana Kerja Tahunan (RKT)
Manajemen Mutu.
§ Menetapkan indikator kinerja kunci
(IKK) untuk setiap proses.
§ Mengidentifikasi risiko dan peluang
dalam sistem manajemen mutu.
o Pelaksanaan:
§ Melaksanakan audit internal secara
berkala.
§ Mengkoordinasikan kegiatan perbaikan
berkelanjutan.
§ Memfasilitasi pelatihan bagi guru
dan karyawan terkait sistem manajemen mutu.
§ Melakukan tinjauan manajemen secara
berkala.
§ Mengelola dokumentasi sistem
manajemen mutu.
§ Mengkoordinasikan pengumpulan data
dan analisis data.
o Pengembangan:
§ Mengikuti perkembangan standar mutu
terbaru.
§ Mengadaptasi sistem manajemen mutu
sesuai dengan kebutuhan sekolah.
§ Mengembangkan inovasi dalam proses
pembelajaran dan manajemen.
o Evaluasi:
§ Mengevaluasi kinerja sistem
manajemen mutu secara berkala.
§ Mengukur tingkat kepuasan
stakeholder (siswa, guru, orang tua, dll.).
§ Menganalisis data hasil evaluasi
untuk perbaikan.
o Pelaporan:
§ Menyusun laporan kinerja manajemen
mutu secara berkala.
§ Menyampaikan laporan kepada kepala
sekolah dan komite sekolah.
g.
Program Desain Pemodelan Dan
Informasi Bangunan
o
Profil
§
Desain Pemodelan dan Informasi
Bangunan (DPIB) merupakan Jurusan yang berfokus pada perencanaan bangunan dan
infrastruktur pendukung kebutuhan masyarakat, dimana siswa mahir mengoperasionalkan
aplikasi yang dibutuhkan (Revit, Autocad, Google Sketchup hingga visual reality)
sehingga siswa yang lulus telah dibekali dengan bekal Mandiri dan berkelanjutan secara profesional.
§
Jurusan/kompetensi keahlian yang mempelajari
tentang konstruksi bangunan, perencanaan bangunan, pengukuran tanah, gambar 2D
maupun 3D menggunakan aplikasi, desain interior dan eksterior, menghitung RAB
dan seterusnya.
§ Sebagai
salah satu sekolah yang ditunjuk untuk melaksanakan program SMK Pusat
Keunggulan, SMKS DARUT TAQWA telah menerapkan Kurikulum Merdeka dengan Capaian
Pembelajaran yang dapat dilihat pada halaman di bawah ini.
§ Secara umum Jurusan Desain
Permodelan dan Informasi bangunan (DPIB) mempelajari ilmu tentang gambar
konstruksi bangunan, pengukuran tanah, gambar konstruksi menggunakan aplikasi
komputer baik 2D maupun 3D, desain interior dan eksterior, konstruksi jalan dan
jembatan, menghitung RAB, laporan pembangunan.dll
o Keunggulan Kompetensi
§ Menyiapkan dan mendidik siswa, agar setiap
lulusannya memiliki kompetensi unggul bidang desain bangunan dan kompeten
sebagai Junior Drafter, yaitu lulusan yang memiliki ketrampilan dalam bidang
desain bangunan (interior/eksterior) serta perhitungan RAB.
o Program Unggulan
§ Kegiatan belajar dilaksanakan
diruang teori dan menggambar dilakukan pada ruang desain (architectural design
workshop). Dengan penambahan beberapa Kompetensi dalam KBM, tamatan Paket
Keahlian ini akan sanggup bekerja sebagai Pelaksana dalam Konstruksi bangunan,
atau paling tidak akan mampu di posisikan sebagai asisten pelaksana
o Visi & Missi
§ Membekali peserta didik dengan
keterampilan, pengetahuan dan sikap agar mandiri dalam menjalani kehidupan
berlandaskan IMTAQ sehari-hari.
§ 1. Peserta didik agar kompeten
dalam:
§ 2. Melakukan pekerjaan sebagai
teknisi bidang perencanaan gambar sipil/arsitektur secara mandiri atau
wirausaha
§ 3. Megembangkan pelayanan masyarakat
sebagai teknisi bidang perencanaan gambar sipil/arsitektur yang ada di dunia
usaha dan dunia industri
§ 4. Melakukan pekerjaan sebagai
teknisi bidang perencanaan gambar bangunan yang professional
§ 5. Menjalankan ajaran agama dengan
melibatkan peran guru dan pengasuh ke lembagaan dalam menjalankan tugas kerja
tanpa mengurangi nilai-nilai ketaqwaan mandiri dan Masyarakat
o Prospek Kerja Lulusan DPIB SMK Darut
Taqwa
§ Lulusan DPIB memiliki potensi karir
yang sangat cerah di berbagai sektor industri konstruksi. Dengan kemampuan
dalam merancang, memodelkan, dan mengelola informasi bangunan, kamu akan sangat
dibutuhkan di dunia kerja. Berikut beberapa prospek kerja yang menjanjikan:
§ 1. Desainer Arsitektur
§ Tugas: Membuat desain bangunan, baik
itu rumah tinggal, gedung perkantoran, atau bangunan publik lainnya.
§ Keterampilan: Kreativitas, pemahaman
estetika, dan kemampuan mengoperasikan software desain.
§ 2. Teknisi BIM (Building Information
Modeling)
§ Tugas: Membuat model bangunan 3D
yang detail dan akurat menggunakan software BIM. Model ini digunakan untuk
perencanaan, konstruksi, dan pengelolaan bangunan.
§ Keterampilan: Mahir menggunakan
software BIM seperti Revit, AutoCAD, atau Tekla Structures.
§ 3. Pengawas Konstruksi
§ Tugas: Memastikan pelaksanaan
konstruksi sesuai dengan desain dan spesifikasi yang telah ditetapkan.
§ Keterampilan: Pemahaman konstruksi,
kemampuan membaca gambar teknik, dan kemampuan manajemen proyek.
§ 4. Drafter Arsitektur
§ Tugas: Membuat gambar teknik
bangunan secara detail, seperti denah, tampak, potongan, dan detail konstruksi.
§ Keterampilan: Ketelitian, kemampuan
menggambar teknik, dan penguasaan software CAD.
§ 5. Konsultan Desain
§ Tugas: Memberikan konsultasi desain
kepada klien, mulai dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan.
§ Keterampilan: Komunikasi yang baik,
kemampuan presentasi, dan pengetahuan mendalam tentang desain bangunan.
§ 6. Manajer Proyek Konstruksi
§ Tugas: Mengelola seluruh aspek
proyek konstruksi, mulai dari perencanaan, penganggaran, hingga pelaksanaan.
§ Keterampilan: Kepemimpinan,
kemampuan manajemen proyek, dan pengetahuan tentang kontrak konstruksi.
§ 7. Konsultan Bahan Bangunan
§ Tugas: Memberikan rekomendasi jenis
bahan bangunan yang sesuai dengan kebutuhan proyek.
§ Keterampilan: Pengetahuan tentang
berbagai jenis bahan bangunan, sifat-sifatnya, dan penggunaannya.
§ 8. Instruktur Pelatihan
§ Tugas: Mengajarkan ilmu dan
keterampilan terkait desain bangunan kepada siswa atau karyawan.
§ Keterampilan: Kemampuan mengajar,
penguasaan materi, dan komunikasi yang efektif.
§ 9. Wirausaha
§ Tugas: Membuka usaha sendiri di
bidang desain interior, kontraktor, atau konsultan.
§ Keterampilan: Kemampuan bisnis,
manajemen keuangan, dan jaringan yang luas.
§ 10. Pekerjaan Terkait Teknologi
§ Tugas: Mengembangkan aplikasi atau
perangkat lunak untuk industri konstruksi, seperti aplikasi realitas virtual
untuk visualisasi desain.
§ Keterampilan: Pemrograman,
pengetahuan tentang teknologi informasi, dan minat pada inovasi..
o Fasilitas
§ Sarana dan prasarana penunjang
pembelajaran di program keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan
(DPIB)
§ Ruang kelas
§ Laboratorium
§ Lab computer
§ Buku pegangan siswa
§ Modul ajar siswa
§ Alat lengkap dll
o Capaian pembelajaran
§ Fase E
§ Pembelajaran di fase E (Kelas X) :
§ K3LH
§ Manajemen Proyek
§ Perkembangan teknologi
§ Technopreneurship
§ Menggambar teknik (Manual &
Aplikasi)
§ Pengetahuan dasar BIM
§ Perhitungan Statika bangunan
§ Survey ukur tanah
§
Fase
F, Pembelajaran
di fase F (Kelas XI) :
·
Menggambar 3D & 2D struktur,
arsitektur, interior dan eksterior gedung
·
Menggambar 2D & 3D denah,
potongan, dan detail-detail konstruksi jalan dan jembatan
·
Menggambar konstruksi utilitas
gedung dan sistem plumbing
·
Menghitung Rencana Anggaran Biaya
dan penjadwalan konstruksi bangunan
o PROSES PEMBELAJARAN
§ 1.Program AutoCAD
§ 2.Program SketchUp
§ 3.Program Photoshop
§ 4.Program Coreldraw
§ 5.Program Microshop
§ 6.Program pelatihan Furniture
§ 7.Program alat ukur Teodholit
o Program UKK
§ Visi : Siswa mandiri dalam
meimplentasikan karya dan ide atau gagasan secara berkelompok dan mandiri
secara kemasyarakatan.
§ Misi : siswa mampu melayani
kebutuhan masyarakat dengan dibantu program desa untuk mewujudkan masyarakat
sejahtera didalam infrastruktur kepemimpinan desa.
§
Sasaran :
§ 1. Siswa kelas xii desain pemodelan
dan informasi bangunan
§ 2. Structural desa
§ 3. Masyarakat
§ 4. Pemerintah setempat
§
Teknis
§ 1.Siswa survei lokasi tempat
pemberdayaan system desa
§ 2.Siswa meminta surat izin
permohonan pada Lembaga
§ 3.Siswa mendatangi desa ( kepala
desa ) dalam pengajuan pemberdayaan desa
§ 4.Siswa Menyusun program kerja
dengan didampingi oleh guru/ kajur
§ 5.Laporan siswa kepada Lembaga
bahwasannya siswa sudah mendapatkan tempat lokasi pemberdayaan
§ 6.Susunan jadwal dan pengondisian
agenda selanjutnya
§ 7.Program dilakukan selama 4 bulan
mulai keluarnya surat izin dari Lembaga
§ 8.Siswa didampingi oleh team
pendamping dari smk melibatkan guru dan kajur
§ 9.Laporan program sebagai
ujikompetensi keahlian yang di jadwalkan serentak oleh Lembaga dan
dopresentasikan
§ 10. Siswa dikatakan lulus jika
structural mampu membeeri nilai dan ttd acc kepuasan desa kepada siswa kelas xii
dpib
§ 11. Siswa memberikan laporan ke
Lembaga berupa buku kegiatan dan lain-lain.
h.
Profil
Jurusan Bisnis Digital SMK Darut Taqwa
o 1. Deskripsi Jurusan Bisnis Digital
§ Jurusan Bisnis Digital SMK Darut
Taqwa adalah program studi yang dirancang untuk mencetak generasi muda yang
siap menghadapi tantangan dunia bisnis modern. Jurusan ini menggabungkan ilmu
bisnis dengan teknologi digital, sehingga lulusannya memiliki kompetensi yang
dibutuhkan untuk bersaing di era digital.
o 2. Kemampuan Pokok Jurusan Bisnis
Digital
·
Pemasaran
Digital: Menguasai berbagai strategi pemasaran online, seperti SEO, SEM, sosial
media marketing, dan content marketing.
·
E-commerce:
Mampu membangun dan mengelola toko online, mulai dari pemilihan platform hingga
manajemen produk.
·
Desain
Grafis: Terampil dalam membuat desain visual yang menarik untuk keperluan
promosi bisnis.
·
Pemrograman
Dasar: Memahami dasar-dasar pemrograman untuk mengembangkan website atau
aplikasi sederhana.
·
Analisis
Data: Mampu mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data untuk mendukung
pengambilan keputusan bisnis.
·
Kewirausahaan:
Memiliki jiwa kewirausahaan yang kuat dan mampu menciptakan bisnis sendiri.
o 3. Sarana dan Prasarana Bisnis
Digital
·
Laboratorium
Komputer: Dilengkapi dengan perangkat komputer terbaru dan software-software
yang relevan dengan dunia bisnis digital.
·
Ruang
Kelas: Didesain nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas multimedia untuk
mendukung proses belajar mengajar.
·
Perpustakaan:
Menyediakan berbagai buku, jurnal, dan referensi tentang bisnis digital.
·
Akses
Internet: Jaringan internet yang stabil dan cepat untuk mendukung kegiatan
belajar dan penelitian.
·
Koneksi
dengan Dunia Usaha: Menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan untuk
memberikan kesempatan magang dan praktik kerja.
o 4. Profil Lulusan Jurusan Bisnis
Digital
·
Lulusan
jurusan Bisnis Digital SMK Darut Taqwa diharapkan menjadi:
·
Digital
Marketer: Mampu merencanakan dan menjalankan strategi pemasaran digital yang
efektif.
·
E-commerce
Specialist: Mampu mengelola toko online dan meningkatkan penjualan.
·
Content
Creator: Mampu menghasilkan konten kreatif untuk berbagai platform digital.
·
Wirausahawan:
Mampu menciptakan dan mengembangkan bisnis sendiri.
·
Pegawai
di Perusahaan Startup: Mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja yang dinamis
dan inovatif.
o 5. Kurikulum Merdeka Bisnis Digital
·
SMK
Darut Taqwa menerapkan Kurikulum Merdeka yang memberikan fleksibilitas bagi
siswa untuk memilih mata pelajaran sesuai minat dan bakat. Kurikulum ini juga
menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa, proyek berbasis masalah,
dan kolaborasi dengan dunia kerja.
o 6. Kegiatan Ekstrakurikuler
·
Klub
Bisnis: Melatih siswa untuk mengembangkan ide bisnis dan membuat rencana
bisnis.
·
Komunitas
Desain: Mengembangkan kreativitas siswa dalam bidang desain grafis.
·
Komunitas
Digital Marketing: Memfasilitasi siswa untuk belajar dan berlatih strategi
pemasaran digital.
o 7. Prestasi Siswa
·
Prestasi
siswa dalam mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat provinsi mewakili
sekolah menengah wilayah pasuruan dengan tema buyer persona yang dilaksanakan
di Madiun
o 8. Testimoni Lulusan
·
"Selama
belajar di jurusan Bisnis Digital SMK Darut Taqwa, saya banyak belajar tentang
strategi pemasaran online dan cara membangun bisnis sendiri. Berkat ilmu yang
saya dapatkan, sekarang saya bisa bekerja sebagai Digital Marketer di sebuah
startup." - [Anindia]
i.
Profil
Teknik Komputer Dan Jaringan
o 1. Merupakan salah satu dari 6 jurusan yang ada di smk darut taqwa
purwosari pasuruan. Jurusan TKJ ini berfokus dalam pengembangan kompetensi
siswa dibidang jaringan komputer Mulai dari spesifikasi komputer yang digunakan
hingga kemanan yang diterapkan pada jaringan tersebut. Selain itu sekolah kami
masih bernaung dibawah pondok pesantren, yang menjadikan jurusan kami semakin
lengkap secara pengetahuan umum maupun secara pengetahuan agama.
§ Dalam proses pembelajaran sehari-hari, kami telah bekerja sama dan
berkolaborasi bersama beberapa perusahaan untuk memadukan pembelajaran sehingga
bisa sesuai dengan kebutuhan lapangan. Sehingga nantinya lulusan dari jurusan
TKJ ini mampu menerapkan pengalaman yang telah dia dapatkan di dalam
kehidupannya, baik ketika ia berada
dalam perusahaan maupun saat ia membuka usaha sendiri.
§ Adapun materi yang akan didapatkan oleh siswa kami secara umum
yaitu:
o Pengenalan Perangkat Jaringan (Komputer, Router, Wireless Device)
o Konfigurasi dan Tata Kelola Perangkat Jaringan
o Distribusi Jaringan untuk pelanggan
o Membangun Server Jaringan
§ Salah satu program unggulan kami adalah Mikrotik Academy
yaitu kerjasasma Internasional yang kami jalin dengan perusahaan Mikrotik yang
terletak di Latvia dalam mencetak lulusan yang siap bersaing di dunia
jaringan. Dengan didukung oleh trainer terpercaya dan bersertifikat
resmi serta sarana dan prasarana yang lengkap.
o 2.Visi Teknik Komputer Dan Jaringan
§ Membentuk Lulusan yang kompeten dibidang jaringan (Skill,
Knowledge) serta menjunjung tinggi Akhlaqul Karimah (Attitude)
o 3.Misi Teknik Komputer Dan Jaringan
§ Menyelenggarakan sistem pembelajaran berbasis industri
§ Menerapkan kurikulum berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional
Indonesia (SKKNI)
§ Memberikan kesempatan yang luas kepada siswa untuk mengembangkan
kreatifitasnya sesuai dengan kompetensi yang dipilih
§ Tetap memegang teguh Molimo
o 4. Tujuan Pembelajaran
§ memahami proses bisnis di bidang teknik jaringan komputer dan
telekomunikasi;
§ memahami wawasan perkembangan teknologi pada bidang teknik jaringan
komputer dan telekomunikasi;
§ memahami profesi dan kewirausahaan (job-profile dan
technopreneurship), serta peluang usaha di bidang teknik jaringan komputer dan
telekomunikasi;
§ memahami K3LH di lingkungan kerjanya;
§ memahami dasar teknik jaringan
komputer dan telekomunikasi;
§ memahami media dan jaringan telekomunikasi; dan
§ menerapkan prinsip dasar pengukuran
dalam teknik jaringan komputer dan telekomunikasi.
o 5. Prospek Kerja di Bidang TKJ
§ Teknisi Jaringan: Merupakan posisi yang paling umum. Tugasnya
meliputi instalasi, konfigurasi, perawatan, dan troubleshooting jaringan
komputer. Dibutuhkan di berbagai perusahaan, mulai dari UMKM hingga korporasi
besar.
§ Programmer: Jika Anda memiliki minat dalam pemrograman, Anda bisa
mengembangkan aplikasi atau software yang berkaitan dengan jaringan. Permintaan
programmer semakin meningkat seiring dengan berkembangnya teknologi.
§ System Administrator: Bertanggung jawab atas pengelolaan sistem
operasi, database, dan aplikasi pada sebuah jaringan. Memastikan kinerja sistem
berjalan dengan optimal dan aman.
§ Network Analyst: Melakukan analisis terhadap jaringan untuk
mengidentifikasi masalah dan mencari solusi. Berperan penting dalam
meningkatkan kinerja dan keamanan jaringan.
§ Konsultan IT: Memberikan saran dan solusi terkait masalah IT kepada
klien. Membantu perusahaan dalam merencanakan dan membangun infrastruktur IT.
§ Data Scientist: Mengolah data besar (big data) untuk menghasilkan
informasi yang berharga bagi perusahaan. Keterampilan di bidang jaringan sangat
berguna untuk mengumpulkan dan mengelola data.
§ Cybersecurity Analyst: Melindungi sistem komputer dan jaringan dari
serangan siber. Keahlian di bidang jaringan sangat penting untuk memahami
bagaimana serangan siber bekerja.
§ Wiraswasta: Anda juga bisa membuka usaha sendiri, seperti jasa
instalasi jaringan, penjualan perangkat jaringan, atau pengembangan aplikasi.
j.
Profil
Desain Komunikasi Visual
o DKV merupakan jurusan yang dahulunya
bernama Multimedia (MM). Dalam DKV siswa dibekali dengan berbagai skill dengan
tujuan:
§ memahami profil technopreneur,
peluang usaha dan pekerjaan/profesi di bidang desain komunikasi visual dan
grafika;
§ memahami proses bisnis berbagai
industri di bidang desain komunikasi visual dan grafika;
§ memahami perkembangan teknologi di
industri dan dunia kerja serta isu-isu global pada bidang desain komunikasi
visual dan grafika;
§ memahami teknik dasar proses produksi
pada industri desain komunikasi visual dan grafika;
§ memahami keterampilan membuat sketsa
dan ilustrasi untuk kebutuhan dasar rancangan desain;
§ memahami komposisi tipografi untuk
kebutuhan dasar rancangan desain;
§ memahami prosedur penggunaan
peralatan fotografi;
§ memahami komputer grafis yang
dibutuhkan pada pekerjaan desain komunikasi visual dan teknik grafika; dan
§ memahami dasar-dasar produksi
grafika.
o Prospek Kerja di Bidang DKV
§ Desainer Grafis: Membuat berbagai
macam desain visual, mulai dari logo, poster, kemasan produk, hingga
infografis. Bekerja di berbagai industri seperti periklanan, percetakan, media,
dan e-commerce.
§ Web Designer: Merancang tampilan dan
interaksi pengguna pada website. Memastikan website menarik, mudah digunakan,
dan sesuai dengan tujuan bisnis.
§ Illustrator: Membuat ilustrasi untuk
buku, majalah, game, atau animasi. Mengembangkan karakter dan visual yang unik.
§ Video Editor: Mengedit video untuk
berbagai keperluan, seperti iklan, film pendek, atau konten media sosial.
Menambahkan efek visual dan suara untuk membuat video lebih menarik.
§ Art Director: Memimpin tim kreatif
dalam sebuah proyek desain. Menentukan konsep visual keseluruhan dan memastikan
proyek berjalan sesuai rencana.
§ Publishing Designer: Merancang tata
letak buku, majalah, atau publikasi lainnya. Memastikan tampilan visual menarik
dan mudah dibaca.
§ Brand and Digital Designer:
Membangun dan mengembangkan identitas visual sebuah merek. Membuat desain untuk
berbagai platform digital, seperti media sosial dan website.
§ Photojournalist: Mengambil dan
mengedit foto untuk keperluan jurnalistik. Menceritakan sebuah cerita melalui
gambar.
§ Content Creator: Membuat konten
visual yang menarik untuk berbagai platform media sosial. Membantu meningkatkan
engagement dan jangkauan merek.
§ Social Media Specialist: Mengelola
akun media sosial perusahaan. Membuat desain visual yang menarik untuk
meningkatkan followers dan engagement.
k.
Profil
Teknik Sepeda Motor
o Capain Pembelajaran
§ memahami manajemen atau proses
bisnis bidang otomotif;
§ memahami perkembangan teknologi
otomotif perkembangan dunia kerja pada bidang otomotif serta isu-isu global
terkait perkembangan dunia otomotif;
§ memahami profesi
dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), dan peluang usaha di
bidang otomotif;
§ memahami K3LH di tempat kerja;
§ memahami teknik dasar pemeliharaan
dan perbaikan yang terkait dengan bidang otomotif;
§ memahami gambar pada bidang teknik
otomotif sesuai standar yang digunakan;
§ memahami penggunaan peralatan di
bengkel otomotif sesuai standar yang digunakan;
§ memahami perawatan komponen otomotif
sesuai sesuai standar yang digunakan;
§ memahami dasar-dasar elektronika
otomotif; dan
§ memahami dasar-dasar sistem hidrolik
dan pneumatik.
o Prospek Kerja Jurusan TSM
§ Teknisi/Mekanik:
§ Bengkel resmi: Bekerja di bengkel
resmi berbagai merek kendaraan bermotor untuk melakukan perawatan, perbaikan,
dan diagnosa kerusakan kendaraan.
§ Bengkel umum: Membuka atau bekerja
di bengkel umum yang melayani berbagai jenis kendaraan.
§ Dealer: Bekerja di bagian servis
atau bengkel di dealer kendaraan.
§ Teknisi Produksi:
§ Pabrik otomotif: Bekerja dalam
proses perakitan, pengujian, dan pengendalian kualitas kendaraan di pabrik.
§ Peneliti dan Pengembang:
§ Pusat penelitian: Melakukan
penelitian dan pengembangan teknologi baru di bidang otomotif, seperti
kendaraan listrik, kendaraan otonom, atau bahan bakar alternatif.
§ Wirausaha:
§ Membuka bengkel sendiri: Membuka
bengkel khusus sepeda motor atau bengkel umum.
§ Menjadi supplier spare part:
Menyuplai spare part asli atau aftermarket untuk kendaraan bermotor.
§ Menjadi konsultan otomotif:
Memberikan konsultasi terkait perbaikan, perawatan, atau modifikasi kendaraan.
§ Modifikator kendaraan: Melakukan
modifikasi kendaraan sesuai permintaan konsumen.
§ Instruktur:
§ Lembaga pendidikan: Menjadi instruktur
di sekolah menengah kejuruan atau lembaga pelatihan otomotif.
§ Sales:
§ Dealer: Menjual kendaraan bermotor
atau spare part di dealer.
§ Asuransi:
§ Surveyor kendaraan: Melakukan
penilaian kerusakan kendaraan untuk keperluan asuransi.