Profil SMK Darut Taqwa - SMK PK SPD 2024

  1. Visi:

o    Terbentuknya Lulusan Yang Berakhlaqul Karimah, Terampil, Mandiri Dan Berdaya Saing Tinggi

  1. Misi:

o    Menanamkan nilai-nilai Islam sebagai way of life siswa SMKS Darut Taqwa

o    Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dalam rangka penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di lingkungan Pondok Pesantren.

o    Menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan pada siswa SMK

o    Menyiapkan siswa agar dapat berperan di masyarakat dan memasuki dunia kerja.

  1. Profil Sekolah:

o    Identitas Sekolah

·         Nama Sekolah             : SMK Darut Taqwa Purwosari

·         NSS                             : 32.2.05.19.08.027

·         NPSN                          : 20542535

·         Status                          : Terakreditasi

·         Lokasi sekolah            : Jl. Pesantren Ngalah No. 16 Pandean Sengonagung

·         Maps                           : https://maps.app.goo.gl/9j8M9kkwmg6SJDMi6

·         Kecamatan                  : Purwosari

·         Kabupaten                   : Pasuruan

·         Propinsi                       : Jawa Timur

·         Kode Pos                     : 67162

·         Website                       : smkdata.sch.id

·         Email                           : smkdaruttaqwapurwosari@gmail.com

·         Tahun Berdiri              : 2007

·         Izin Operasional          : 186/18.02.05/02/VI/2023

·         Waktu Belajar             : Pagi (07.00 s/d 13.30)

·         Kompetensi Keahlian :

Ø  1.4.1.  Desain Pemodalan & Informasi Bangunan (DPIB)

Ø  2.2.1.  Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

Ø  2.2.2.  Teknik Sepeda Motor (TSM)

Ø  4.2.1.  Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Ø  8.1.1.  Bisnis Digital (BD)

Ø  10.2.1. Desain Komunikasi Visual (DKV)

o    Identitas Kepala Sekolah

·         Nama                           : Sueb, S.PdI., M.M.

·         Tempat, Tgl. Lahir      : Pasuruan, 16 Mei 1981

·         Alamat                        : Tanjungsari, Tanjungarum, Sukorejo

·         Jabatan                                    : Kepala SMK Darut Taqwa

·         Pendidikan Terakhir    : S2

·         Jurusan                        : Manajemen Sumber Daya Manusia

o    Struktural SMK Darut Taqwa

·         Nasikin, S.T.                                       : Waka Huki

·         M. Musliq, M.Pd.                               : Waka Kesiswaan

·         Nanang Subagio, S.Pd.                       : Waka Kurikulum

·         M. Yaqub, S.Kom.                              : Waka Sarana

·         Dr. Moh. Mujib Ridwan, M.Ed.         : Waka Manajemen Mutu

·         Naimulloh, S.T.                                  : Kakomli DPIB

·         Anang Sujono, S.Pd.                          : Kakomli TKR

·         Dwi Agus Purwanto, S.T.                   : Kakomli TSM

·         Hasan Suaedi, S.Kom                         : Kakomli TKJ

·         Khoirul Anwar, S.Pd.I.                       : Kakomli BD

·         Akhmad Barizi, M.Kom                     : Kakomli DKV

·         Mochamad Sirodjudin, M.M. M.Kom.           :Kepala TU

·         Siti Halimah, SE., S.Pd.                                 : Bendahara SMK

·         Moch. Danial Hadi S.Kom.                            : Bendahara BOS

·         Wiwit Zahrotul Wahdan, S.Pd.                      : Bendahara BPOPP

·         Saiful Anwar, S.Kom.                                     : Staff Dapodik

·         Muhammad Idris Marzuki, M.Pd.                  : Staff Kesiswaan - Administrasi

·         Faruq Tamam                                                  : Staff Kesiswaan – Tatib X

·         Imroatus Sholikha Azzuhriyah, M.Si.                        : Staff Kesiswaan – Tatib XI

·         Muhammad Tholib, M.Pd.                             : Staff Kesiswaan – Tatib XII & Keagamaan

·         Siti Khabibah, S.T.                                         : Staff Keuangan

·         Muhammad Mahrus Ali, M.Kom.                  : Staff Kurikulum

·         Azah Lailaturrosida, S.Pd.                             : Staff Kurikulum

·         Hikmatul Afiyah, S.Sos.                                 : Staff Pengindukan

·         M. Ridwan, M.P.                                            : Staff HUKI

·         Rochmawati, S.Kom.                                      : Kepala Perpustakaan

·         M. Ridwan Al-Khoir                                       : Staff Sarana

·         Nailul Faricha, S.Pd.                                      : Staff Surat & Kepegawaian

·         Lumhatus Shofi Sa’adah                                : Staff Perpustakaan

·         Ahmad Bayhaki, S.Kom.                                : Toolman Informatika

·         Adi Purwito                                                    : Toolman TSM

·         M. Hakkul Qoul                                              : Toolman TKJ

·         M. Mifathul Ulum Rizal,S.T.                          : Toolman TKR

·         Fa’iz Atoillah, S.T.                                         : Toolman DPIB

·         Zidan Kurnia Fiqih, S.A.B.                            : Toolman BD

·         Nahdiyah Firdausi, S.T.                                  : BP/BK - Administrasi

·         M. Luqman Hakim, S.Psi                               : BP/BK Kelas X

·         Akhmad Makhbubillah, S.Psi                         : BP/BK Kelas XI

·         Nuril Khasanah,S.Psi.                                     : BP/BK Kelas XII

·         Mochamad Rofiqi, S.Psi.                                : Pembina OSIS

·         Abdul Rasyid                                                  : Caraka

·         Atikah                                                             : Caraka

·         Choirul Huda                                                  : Driver

·         Nur Khamim                                                   : Satpam

·         M. Abd. Salam                                                : Satpam

·         Mansyur                                                          : Satpam

·         Munir                                                              : Satpam

o    Luas tanah dan bangunan.

·         Luas Lahan                 : 7.889,36 m2

·         Luas Bangunan           : 4.527,78 m2

·         Lahan Kosong             : 3.361,58 m2

o    Fasilitas sekolah

·         Ruang Kelas                : 36 ruang

·         Ruang Perkantoran     : 3 ruang

·         Ruang Guru                : 1 ruang

·         Ruang UKS                : 1 ruang

·         Ruang BK                   : 1 ruang

·         Aula                            : 1 ruang

·         Hallmeet                      : 1 ruang

·         Perpustakaan               : 1 ruang

·         Lab. DPIB                  : 2 ruang

·         Bengkel TKR              : 1 rps

·         Bengkel TSM              : 1 rps

·         Lab. TKJ                     : 3 ruang

·         Lab. BD                      : 2 ruang

·         Lab. DKV                   : 3 ruang

·         Lab. Informatika         : 2 ruang

·         Masjid                         : 1 masjid

·         Kantin                         : 5 ruang

·         Lapangan                    : 1 lapangan

·         Parkir                           : 4 lokasi

·         Pantry                          : 1 ruang

·         Toilet                           : 25 toilet

o    Akreditasi sekolah.

·         2017-2022                   : Otomotif (TKR – TSM) A

·         2017-2022                   : Informatika (TKJ – MM) A

·         2018-2022                   : B

·         2022-2027                   : B

  1. Program Studi:

o    DPIB – Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan

o    TKR – Teknik Kendaraan Ringan

o    TSM – Teknik Sepeda Motor

o    TKJ – Teknik Komputer dan Jaringan

o    BD – Bisnis Digital

o    DKV – Desain Komunikasi Visual

  1. Sejarah Singkat:

o    Latar belakang berdirinya sekolah.

·         SMK Kecil Darut Taqwa berdiri dilatar belakangi oleh adanya tuntutan kebutuhan masyarakat dan ditandainya Memorandum Of Understanding ( MoU) kerjasama antara MA. Darut Taqwa dengan SMKN I Purwosari untuk menyelenggarakan program pelatihan kecakapan hidup (life skill education) pada tahun pelajaran 2002/2003. Program ini ditujukan untuk memberikan nilai tambah berupa ketrampilan khusus bagi lulusan MA. Darut Taqwa. Sebanyak 300 siswa dari 700 siswa MA. Darut Taqwa yang sebagian besar merupakan santri Pondok Pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan mengikuti program pelatihan vocasional tersebut. Program pelatihan kecakapan hidup tersebut dilaksanakan menggunakan pola pembelajaran ekstrakurikuler mulai pukul 13.30 WIB sampai pukul 17.15 WIB.

·         Siswa yang mengikuti progam pelatihan kecakapan hidup (life skill education) ini adalah siswa kelas II dan kelas III. Selain bidang ketrampilan Tata Busana pelatihan dilaksanakan di SMKN I Purwosari dengan Instruktur berasal dari SMKN I Purwosari dan dari MA DT. Ada beberapa alasan ditempatkannya pelatihan di SMKN I Purwosari salah satunya adalah adanya kelengkapan infrastruktur dan peralatan praktek pendidikan vocasional yang dimiliki SMKN I Purwosari.

·         Pada akhir tahun pelajaran 2002/2003 diadakan evaluasi pelaksanaan Program Pelatihan Kecakapan Hidup tersebut. Hasil evaluasi antara lain, adalah;

Ø  Minat santri PP. Ngalah yang diasuh oleh KH. M. Sholeh Bahruddin, khususnya siswa MA. Darut Taqwa sangat besar untuk mendapatkan pelatihan ketrampilan kecakapan hidup

Ø  Pelaksanaan pelatihan di SMKN I Purwosari yang berjarak 5 km dari lokasi MA. Darut Taqwa menjadi kendala karena tidak efisien dari segi dana (biaya transportasi) dan waktu (keterlambatan kedatangan siswa).

Ø  Sebagian besar peserta pelatihan yang merupakan santri PP. Ngalah harus mengikuti kegiatan pengajian di dalam Pesantren.

·         Oleh karena itu direkomendasikan agar pelaksanaan program pelatihan dilaksanakan di lingkungan MA. Darut Taqwa. Selanjutnya pada bulan Pebruari 2003 bergulirlah program SMK Kecil dari DIKMENJUR DEPDIKNAS RI. Program SMK Kecil ini diresmikan oleh MENDIKNAS (Bapak Prof. A. Malik Fajar, M.Sc) di VEDC Malang pada tanggal 27 Mei 2003 M. Konsep dasar program ini adalah pendidikan kejuruan tingkat menengah yang diselenggarakan di Pondok Pesantren dan dibina oleh SMK Negeri terdekat selaku SMK induk.

·         Kemudian pada tahun 2007, program SMK Kecil telah berakhir dan SMK Darut Taqwa berdiri sendiri sebagai SMK Swasta. Adapun Kepala Sekolah nya adalah sebagai berikut:

Ø  2003 – 2007          : Dr. H. Saifulloh, M.HI.

Ø  2007 – 2017          : Dr. H. M. Sholihun, S.PdI., M.M.

Ø  2017 - …               : Sueb, S.PdI., M.M.

o    Perkembangan sekolah dari tahun ke tahun.

·         No       Tahun              Kelas X           Kelas XI          Kelas XII        Total

·         1          2016                332                  279                  229                  840

·         2          2017                325                  298                  260                  883

·         3          2018                360                  300                  276                  936

·         4          2019                357                  339                  288                  984

·         5          2020                350                  327                  312                  989

·         6          2021                336                  343                  303                  982

·         7          2022                328                  326                  309                  963

·         8          2023                375                  323                  322                  1020

·         9          2024                333                  344                  307                  984     

o    Asal daerah siswa tahun 2024

·         Kelas   X         : Pasuruan 261, Luar Pasuruan 82

·         Kelas   XI        : Pasuruan 251, Luar Pasuruan 141

·         Kelas   XII      : Pasuruan 255, Luar Pasuruan 92

o    Prestasi-prestasi yang pernah diraih.

·         2009: Desain Web Sekolah – Miftachul Munir XI TKJ

·         2018: Judo Junior Koni Cup – Aulia Jaafi XI TKJ

·         2018: Putri Ameera – Riska Amelia XI MM

·         2018 : Kreasi Busana Daur Ulang – Riska Amelia XI MM

·         2018: Pagar Nusa - Afifudin XI TKJ

·         2019: Film Dokumenter – Bayyina Muna Sandi XII MM

·         2019: Lomba Debat – Riska Amelia XII MM dan Imam XII TKJ

·         2019: Duta Genre - Riska Amelia XII MM

·         2019: PMR Wira – Juara Umum

·         2019: Tejowangi Cup – Tim Sepakbola

·         2019: Honda Teacher Skill Regional 2 – Bapak Anang Setiawan, S.T.

·         2019: Duta Isnu Regional Jatim – Bapak Naimulloh, S.T.

·         2019: Pospeda Pagar Nusa – Farid Darul Murtadlo X TSM

·         2019: Pospenas Bandung - Farid Darul Murtadlo X TSM

·         2019: LKS TSM Wilker 2 – M. Sya’dulloh XII TSM

·         2019: LKS TKJ Wilker 2 – M. Syakirul Ilmi XII TKJ

·         2019: Pagar Nusa Pasuruan - Farid Darul Murtadlo X TSM

·         2020: Unisda Championship – Tim Pagar Nusa

·         2020: Albanjari Jawa Timur – Tim Banjari

·         2020: Albanjari Pasuruan – Tim Banjari

·         2020: Banyuwangi International Championship – Tim Pagar Nusa

·         2020: English Debate – Nur Muhammad Waladul Awwal XII MM

·         2020: Singing Competition – Prisky Angger X TKJ

·         2021: Desain bonsai – Bapak Abdul Mufid, S.Pd.

·         2022: Albanjari Pasuruan – Tim Banjari

·         2022: Pagar Nusa NU Pasuruan – M. Fitron X MM

·         2022: Bojonegoro Championship – Aris Defan XII BDP

·         2022: Pidato Humanistik Fest – Ilham Masduqi X TKJ

·         2022: ISNU Kediri Championship – Tim Pagar Nusa

·         2022: Duta Anti Narkoba – Ahmad Uzair Yusron XII TKJ

·         2023: Poetry & Sing Tamandayu – Putri Naiza Khusnia XII MM

·         2023: Poetry & Sing Tamandayu – M. Adam Szalinsky XII TKR

·         2024: Rekor Muri Puisi Akrostik – Nanang Subagio

·         2024: Rekor Muri Puisi Akrostik – Mochamad Sirodjudin

·         2024: Paskib Pasuruan - Kikanty Asih Basuki X BD

·         2024: Perunggu OSSN Informatika – Ahmad Afif Afrizal XI TKJ

·         2024: Perak Ospenas Informatika – Ahmad Afif Afrizal XI TKJ

·         2024: Emas Ospenas Bahasa Arab– Ahmad Afif Afrizal XI TKJ

·         2024: Final Karya Apresiasi Budaya – Singing – Mutiara Ramadhani X BD

·         2024: Kanjuruhan Fighter Competition 2024

- Syarif Hidayatullah ( X DPIB ) Juara 3 Tunggal Tangan kosong Remaja Putra

- Akromo Ardlhian Shah ( XI BD 1) Juara 3 D Remaja Putra

- M.Agus Damanhuri : ( X TSM 1) Juara 3 A Remaja Putra

- Salman Alfarisi : ( XI TKR 3) Juara 1 G Remaja Putra

- Aulia Nasywa Az  Zahra : ( XII Tkj 3 ) Juara 3 D Remaja Putri

- M. Misbahus Sudur : ( X TKJ 1 ) Juara 2 E Remaja Putra

- Permana Arya Wijaya Wijaya : ( XI Tsm 2 ) Juara 3 B Remaja Putra               

      • 2024: Juara Harapan Peintis 1 LKBB Majapahit S2 2024 
  1. Ekstrakurikuler:

o    Pramuka

o    PMR

o    Pagar Nusa

o    ITEC

o    KIR

o    Paduan Suara

o    Albanjari

o    Tari

o    Teater

  1. Guru dan Tenaga Kependidikan:

o    Jumlah guru dan tenaga kependidikan.

·         Jumlah Guru   : 83 (L 57, P 26)

·         Jumlah Staff   : 10 (L 8, P 2)

o    Kualifikasi akademik.

·         S3                    : 1 guru

·         S2                    : 20 guru

·         S1                    : 62 guru

·         SLTA              : 10 staff

o    Sertifikasi.

·         Sergur              : 26 guru

·         Belum              : 57 guru         

  1. Kerjasama dengan dunia industri dan akademik:

o    Auto 2000 Malang Sutoyo

o    Badan Pengawas Peilihan Umum Pasuruan

o    Bank Bni

o    Bank Central Asia

o    Fakultas Psikologi Univ. Yudharta

o    Fakultas Agama Islam Universitas Yudharta

o    Fifgrup/Simgroup

o    Himaesy Universitas Yudharta

o    Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi)

o    Kampus Univeritas Yudharta

o    Kano Teknologi Utama

o    Kimia Farma Pandaan

o    Kokoon Hotel Banyuwangi

o    LPK Kanzo Indonesia Surabaya

o    LPK Koba Mirai Japan Pandaan

o    Maspion IT

o    Planet Ban

o    PT.  Akasha Wira International Tbk. (Ades)

o    PT.  Arnotts & Goodtime (Support)

o    PT.  Az Digital Media Group

o    PT.  Bakso Kampungq

o    PT.  Bambang Djaja

o    PT.  Bank Btpn Syariah

o    PT.  Benih Citra Asia

o    PT.  Berkah Nusa Trans

o    PT.  Bisnis Digital Ekonomi

o    PT.  Circle Indonesia Utama

o    PT.  Dairyland Farm Theme Park Prigen

o    PT.  Duta Beton Mandiri

o    PT.  Duta Putri Bersaudara Saygon

o    PT.  Exa Institute

o    PT.  Faza Utama Sejahtera

o    PT.  Indo Bismar

o    PT.  Indomarco Prismatama Tbk (Indomart)

o    PT.  Inkasa Jaya Aluminium

o    PT.  Insan Medika Persada

o    PT.  Inti Dinamika Sistem

o    PT.  Itpi Technology

o    PT.  Karya Manunggal Jati (Inafood)

o    PT.  Len Indudtri

o    PT.  Lpk Berkah Putra Mandiri

o    PT.  Mayora Indah Tbk.

o    PT.  Meta Intermedia Teknologi

o    PT.  Midi Utama Indonesia *Alfamidi*

o    PT.  Mitra Tata Kerja

o    PT.  Pesta Pora Abadi (Mie Gacoan)

o    PT.  Pnm

o    PT.  Pranata Ridho Pratama

o    PT.  Pratama Hasta Utama Solusindo Tahta

o    PT.  Prima Pack Lawang

o    PT.  Royal Caravan Hotel & Outbound

o    PT.  Sadhana

o    PT.  Sakura (Cimory)

o    PT.  Sasikirana Permata Sukses

o    PT.  Sedaap Sejahtera Bersama

o    PT.  Soojin Neraswari Kosmetika (Bg Skincare)

o    PT.  Surya Timur Sakti Jatim

o    PT.  Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha)

o    PT.  Swapro International

o    PT.  Toyo Matsu

o    PT.  Tri Adi Bersama

o    PT.  Vesco Mitra Tama

o    PT.  Wahyu Manunggal Sejati

o    PT.  Wijaya Kusumo Joyo Mulyo

o    PT.  Wira Agro Nusantara

o    PT.  Wisata Edukasi Kebun Pak Budi

o    PT.  World Inovatif

o    PT.  Yasinta Mitra Mandiri

o    Robo Edu Malang

o    Smkn 1 Singosari

o    Toko Emas Gadjah

o    Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

o    Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

o    Upt Balai Latihan Kerja Pasuruan (Blk)

o    PT.  Arief Arsitek

o    PT.  Duta Beton

  1. Karya Guru dan Siswa:

·         2024: Pinasthika Laksamana – Dandelion Publisher – Nanang Subagio

·         2024: Pinasthika Laksamana – Dandelion Publisher – Mochamad Sirodjudin

·         2024: Empowering Local SMes: Unveiling Mienat Indonesia's Motivations and Strategies for Global Success

·         2024: Kesiapan UMKM Di Indonesia Dalam Menggunakan Digital Payment Dalam Bertransaksi: A Scoping Review

·         2023: Panduan Esensial Pemasaran Untuk Umkm Strategi Efektif dalam Era Digital

·         2023: Analisa Kepuasan Pelayanan UMKM Jasa Internet dalam Perspektif Profil Konsumen (Studi Kasus: Konsumen JW Network Indonesia)

·         2023: Klasifikasi Mutu Beras Menggunakan K-Nn Berbasis Backward Elimination

·         2023: Manajemen Umkm Dan Kewirausahaan Studi Kasus Dan Hasil Pemikiran

·         2023: Implementasi Digital Marketing Oleh UMKM Di Indonesia: A Scoping Review

·         2023: Manajemen Terpadu Tatakelola Pedagang Kaki Lima (PKL) Dalam Upaya Penataan Dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kawasan Pesantren Ngalah

·         2022: Ceria Belajar Dengan Metodemu – Penerbit Gelombang Era Buku – Guru Siswa

·         2022: Sertifikasi Profesi Sebagai Strategi Penguatan Kompetensi Dan Scale Up Mitra UMKM Jasa Layanan Internet Studi Kasus Mitra ISP Datanet – Mochamad Sirodjudin

·         2022: Menumbuhkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan melalui Program Go-Green di SDN Pajaran I

  1. Program Kegiatan

a.       SMK Pusat Keunggulan

o    Sosialisasi program SMK PK SPD Baru 2024

o    Workshop penyelarasan pembelajaran berbasis dunia kerja

o    Praktisi dunia kerja mengajar di SMK

o    Peningkatan kompetensi guru dan tendik Reskilling/Upskilling

o    Guru magang di dunia kerja

o    Workshop penguatan kelembagaan BKK

o    Workshop penguatan kelembagaan BKK

o    Tracer Study

o    Job Fair

o    Pengembangan teaching factory

o    Workshop bersama komite sekolah dalam pengembangan kerja sama dengan dunia kerja

o    Persiapan magang siswa ke Jepang

o    Peningkatan kapasitas kepala sekolah

o    Workshop peningkatan kapasitas GTK

o    IHT proses pembelajaran guru

o    Implentasi KEUS melalui mapel kejuruan, IPAS dan PKK

o    Implementasi penguatan KEUS melalui mata pelajaran PKK

o    Workshop penyusunan program Literasi Dan Numerasi

o    Workshop penguatan Literasi

o    Sosialsisasi Uji Kemahiran Bahasa Indonesia

o    Workshop penguatan Numerasi

o    Implementasi P5

o    Pembentukan dan Optimalisasi Kombel

b.      Kesiswaan

o    Pembinaan Karakter:

§  Upacara bendera rutin

§  Kegiatan keagamaan

§  Pembinaan disiplin

§  Pelatihan kepemimpinan

o    Kegiatan Akademik:

§  Olimpiade sains

§  Lomba karya tulis ilmiah

§  Kelas tambahan

§  Bimbingan belajar

o    Kegiatan Kesenian dan Olahraga:

§  Ekstrakurikuler (musik, tari, seni rupa, olahraga)

§  Festival seni

§  Pertandingan olahraga

o    Kegiatan Sosial:

§  Kunjungan ke panti asuhan

§  Aksi bersih-bersih lingkungan

§  Penggalangan dana

o    Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS):

§  Rapat rutin OSIS

§  Pelatihan pengurus OSIS

§  Kegiatan sosial oleh OSIS

o    Program Pengembangan Diri:

§  Workshop pengembangan diri

§  Kuliah tamu

§  Career day

c.       Kurikulum

o    Perencanaan:

§  Penyusunan kalender pendidikan.

§  Pengembangan kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri.

§  Penyusunan silabus dan RPP.

§  Pembuatan jadwal pelajaran.

§  Pembagian tugas mengajar guru.

o    Pelaksanaan:

§  Proses pembelajaran tatap muka dan daring.

§  Penerapan metode pembelajaran yang bervariasi.

§  Penggunaan media pembelajaran yang inovatif.

§  Kegiatan praktik kerja lapangan (PKL).

§  Kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung kompetensi.

o    Penilaian:

§  Penilaian hasil belajar siswa secara berkelanjutan.

§  Pengembangan instrumen penilaian yang valid dan reliabel.

§  Analisis hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.

§  Pelaksanaan ujian sekolah dan ujian nasional.

o    Pengembangan:

§  Pelatihan guru secara berkala.

§  Studi banding ke sekolah lain.

§  Penelitian tindakan kelas (PTK).

§  Pengembangan program inovasi pembelajaran.

o    Kerjasama:

§  Membangun kerjasama dengan dunia industri.

§  Membangun kerjasama dengan perguruan tinggi.

§  Membangun kerjasama dengan lembaga sertifikasi profesi.

o    Evaluasi:

§  Evaluasi program secara berkala.

§  Identifikasi kendala dan mencari solusi.

§  Penyusunan laporan hasil evaluasi.

d.      HUKI

o    Sosialisasi Dunia Kerja:

§  Kunjungan industri

§  Workshop persiapan kerja

§  Talkshow dengan alumni sukses

o    Pengembangan Kompetensi:

§  Pelatihan soft skills (komunikasi, kepemimpinan, teamwork)

§  Sertifikasi kompetensi sesuai bidang keahlian

§  Lomba-lomba keahlian

§  Kerjasama dengan Dunia Usaha dan Industri (DUDI):

§  Magang

§  Praktik kerja lapangan

§  Rekrutmen siswa

o    Pengembangan Jaringan:

§  Studi banding ke SMK lain

§  Kunjungan ke perguruan tinggi

§  Kegiatan sosial kemasyarakatan

o    Pembinaan Organisasi Siswa:

§  Pelatihan kepemimpinan

§  Lomba antar organisasi

§  Kegiatan rutin organisasi

§  Evaluasi dan Pengembangan:

§  Survei kepuasan siswa

§  Evaluasi program kerja

§  Rapat koordinasi berkalaAa

e.       Sarana

o    Pemeliharaan dan Perawatan:

§  Rutin:

Ø  Inspeksi berkala seluruh sarana dan prasarana.

Ø  Perbaikan kecil kerusakan yang ditemukan.

Ø  Pembersihan rutin seluruh area sekolah.

Ø  Pengecekan fungsi peralatan elektronik dan mesin.

§  Periodik:

Ø  Perawatan besar peralatan dan mesin.

Ø  Pengecatan ulang ruangan dan fasilitas.

Ø  Penggantian komponen yang sudah aus.

o    Pengadaan:

§  Perencanaan:

Ø  Identifikasi kebutuhan sarana dan prasarana baru.

Ø  Penyusunan anggaran pengadaan.

Ø  Pengadaan barang sesuai spesifikasi dan anggaran.

§  Inventarisasi:

Ø  Pendataan seluruh aset sekolah secara berkala.

Ø  Pembuatan laporan inventarisasi.

Ø  Keamanan dan Keselamatan:

o    Pencegahan:

§  Pemasangan rambu-rambu peringatan.

§  Pengecekan rutin jalur evakuasi.

§  Pelatihan penanganan darurat.

o    Penanganan:

§  Penanganan cepat jika terjadi kecelakaan atau kerusakan.

o    Lingkungan:

§  Kebersihan:

Ø  Pengelolaan sampah yang baik.

Ø  Pemilahan sampah organik dan non-organik.

Ø  Penghijauan lingkungan sekolah.

§  Efisiensi Energi:

Ø  Penggunaan lampu hemat energi.

Ø  Pemeliharaan fasilitas air bersih.

§  Keterlibatan Siswa:

o    Pembinaan:

§  Pembentukan tim kebersihan siswa.

§  Pelatihan perawatan peralatan sederhana.

o    Partisipasi:

§  Penglibatan siswa dalam kegiatan pemeliharaan.

o    Koordinasi:

§  Guru: Koordinasi dengan guru terkait penggunaan ruang dan fasilitas.

§  Karyawan: Koordinasi dengan karyawan terkait pemeliharaan kebersihan.

§  Pihak Eksternal: Koordinasi dengan vendor untuk perbaikan besar.

o    Evaluasi:

§  Berkala:

Ø  Evaluasi efektivitas program.

Ø  Identifikasi kendala dan solusi.

Ø  Penyusunan laporan berkala.Aaa

f.        Manajemen Mutu

o    Perencanaan:

§  Menyusun Rencana Kerja Tahunan (RKT) Manajemen Mutu.

§  Menetapkan indikator kinerja kunci (IKK) untuk setiap proses.

§  Mengidentifikasi risiko dan peluang dalam sistem manajemen mutu.

o    Pelaksanaan:

§  Melaksanakan audit internal secara berkala.

§  Mengkoordinasikan kegiatan perbaikan berkelanjutan.

§  Memfasilitasi pelatihan bagi guru dan karyawan terkait sistem manajemen mutu.

§  Melakukan tinjauan manajemen secara berkala.

§  Mengelola dokumentasi sistem manajemen mutu.

§  Mengkoordinasikan pengumpulan data dan analisis data.

o    Pengembangan:

§  Mengikuti perkembangan standar mutu terbaru.

§  Mengadaptasi sistem manajemen mutu sesuai dengan kebutuhan sekolah.

§  Mengembangkan inovasi dalam proses pembelajaran dan manajemen.

o    Evaluasi:

§  Mengevaluasi kinerja sistem manajemen mutu secara berkala.

§  Mengukur tingkat kepuasan stakeholder (siswa, guru, orang tua, dll.).

§  Menganalisis data hasil evaluasi untuk perbaikan.

o    Pelaporan:

§  Menyusun laporan kinerja manajemen mutu secara berkala.

§  Menyampaikan laporan kepada kepala sekolah dan komite sekolah.

 

g.      Program Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan

o    Profil

§  Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) merupakan Jurusan yang berfokus pada perencanaan bangunan dan infrastruktur pendukung kebutuhan masyarakat, dimana siswa mahir mengoperasionalkan aplikasi yang dibutuhkan (Revit, Autocad, Google Sketchup hingga visual reality) sehingga siswa yang lulus telah dibekali dengan bekal Mandiri dan  berkelanjutan secara profesional.

§  Jurusan/kompetensi keahlian yang mempelajari tentang konstruksi bangunan, perencanaan bangunan, pengukuran tanah, gambar 2D maupun 3D menggunakan aplikasi, desain interior dan eksterior, menghitung RAB dan seterusnya.

§  Sebagai salah satu sekolah yang ditunjuk untuk melaksanakan program SMK Pusat Keunggulan, SMKS DARUT TAQWA telah menerapkan Kurikulum Merdeka dengan Capaian Pembelajaran yang dapat dilihat pada halaman di bawah ini.

§  Secara umum Jurusan Desain Permodelan dan Informasi bangunan (DPIB) mempelajari ilmu tentang gambar konstruksi bangunan, pengukuran tanah, gambar konstruksi menggunakan aplikasi komputer baik 2D maupun 3D, desain interior dan eksterior, konstruksi jalan dan jembatan, menghitung RAB, laporan pembangunan.dll

o    Keunggulan Kompetensi

§  Menyiapkan dan mendidik siswa, agar setiap lulusannya memiliki kompetensi unggul bidang desain bangunan dan kompeten sebagai Junior Drafter, yaitu lulusan yang memiliki ketrampilan dalam bidang desain bangunan (interior/eksterior) serta perhitungan RAB.

o    Program Unggulan

§  Kegiatan belajar dilaksanakan diruang teori dan menggambar dilakukan pada ruang desain (architectural design workshop). Dengan penambahan beberapa Kompetensi dalam KBM, tamatan Paket Keahlian ini akan sanggup bekerja sebagai Pelaksana dalam Konstruksi bangunan, atau paling tidak akan mampu di posisikan sebagai asisten pelaksana

o    Visi & Missi

§  Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar mandiri dalam menjalani kehidupan berlandaskan IMTAQ sehari-hari.

§  1. Peserta didik agar kompeten dalam:

§  2. Melakukan pekerjaan sebagai teknisi bidang perencanaan gambar sipil/arsitektur secara mandiri atau wirausaha

§  3. Megembangkan pelayanan masyarakat sebagai teknisi bidang perencanaan gambar sipil/arsitektur yang ada di dunia usaha dan dunia industri

§  4. Melakukan pekerjaan sebagai teknisi bidang perencanaan gambar bangunan yang professional

§  5. Menjalankan ajaran agama dengan melibatkan peran guru dan pengasuh ke lembagaan dalam menjalankan tugas kerja tanpa mengurangi nilai-nilai ketaqwaan mandiri dan Masyarakat

o    Prospek Kerja Lulusan DPIB SMK Darut Taqwa

§  Lulusan DPIB memiliki potensi karir yang sangat cerah di berbagai sektor industri konstruksi. Dengan kemampuan dalam merancang, memodelkan, dan mengelola informasi bangunan, kamu akan sangat dibutuhkan di dunia kerja. Berikut beberapa prospek kerja yang menjanjikan:

§  1. Desainer Arsitektur

§  Tugas: Membuat desain bangunan, baik itu rumah tinggal, gedung perkantoran, atau bangunan publik lainnya.

§  Keterampilan: Kreativitas, pemahaman estetika, dan kemampuan mengoperasikan software desain.

§  2. Teknisi BIM (Building Information Modeling)

§  Tugas: Membuat model bangunan 3D yang detail dan akurat menggunakan software BIM. Model ini digunakan untuk perencanaan, konstruksi, dan pengelolaan bangunan.

§  Keterampilan: Mahir menggunakan software BIM seperti Revit, AutoCAD, atau Tekla Structures.

§  3. Pengawas Konstruksi

§  Tugas: Memastikan pelaksanaan konstruksi sesuai dengan desain dan spesifikasi yang telah ditetapkan.

§  Keterampilan: Pemahaman konstruksi, kemampuan membaca gambar teknik, dan kemampuan manajemen proyek.

§  4. Drafter Arsitektur

§  Tugas: Membuat gambar teknik bangunan secara detail, seperti denah, tampak, potongan, dan detail konstruksi.

§  Keterampilan: Ketelitian, kemampuan menggambar teknik, dan penguasaan software CAD.

§  5. Konsultan Desain

§  Tugas: Memberikan konsultasi desain kepada klien, mulai dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan.

§  Keterampilan: Komunikasi yang baik, kemampuan presentasi, dan pengetahuan mendalam tentang desain bangunan.

§  6. Manajer Proyek Konstruksi

§  Tugas: Mengelola seluruh aspek proyek konstruksi, mulai dari perencanaan, penganggaran, hingga pelaksanaan.

§  Keterampilan: Kepemimpinan, kemampuan manajemen proyek, dan pengetahuan tentang kontrak konstruksi.

§  7. Konsultan Bahan Bangunan

§  Tugas: Memberikan rekomendasi jenis bahan bangunan yang sesuai dengan kebutuhan proyek.

§  Keterampilan: Pengetahuan tentang berbagai jenis bahan bangunan, sifat-sifatnya, dan penggunaannya.

§  8. Instruktur Pelatihan

§  Tugas: Mengajarkan ilmu dan keterampilan terkait desain bangunan kepada siswa atau karyawan.

§  Keterampilan: Kemampuan mengajar, penguasaan materi, dan komunikasi yang efektif.

§  9. Wirausaha

§  Tugas: Membuka usaha sendiri di bidang desain interior, kontraktor, atau konsultan.

§  Keterampilan: Kemampuan bisnis, manajemen keuangan, dan jaringan yang luas.

§  10. Pekerjaan Terkait Teknologi

§  Tugas: Mengembangkan aplikasi atau perangkat lunak untuk industri konstruksi, seperti aplikasi realitas virtual untuk visualisasi desain.

§  Keterampilan: Pemrograman, pengetahuan tentang teknologi informasi, dan minat pada inovasi..

o    Fasilitas

§  Sarana dan prasarana penunjang pembelajaran di program keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB)

§  Ruang kelas

§  Laboratorium

§  Lab computer

§  Buku pegangan siswa

§  Modul ajar siswa

§  Alat lengkap dll

o    Capaian pembelajaran

§  Fase E

§  Pembelajaran di fase E (Kelas X) :

§  K3LH

§  Manajemen Proyek

§  Perkembangan teknologi

§  Technopreneurship

§  Menggambar teknik (Manual & Aplikasi)

§  Pengetahuan dasar BIM

§  Perhitungan Statika bangunan

§  Survey ukur tanah

§  Fase F, Pembelajaran di fase F (Kelas XI) :

·         Menggambar 3D & 2D struktur, arsitektur, interior dan eksterior gedung

·         Menggambar 2D & 3D denah, potongan, dan detail-detail konstruksi jalan dan jembatan

·         Menggambar konstruksi utilitas gedung dan sistem plumbing

·         Menghitung Rencana Anggaran Biaya dan penjadwalan konstruksi bangunan

o    PROSES PEMBELAJARAN

§  1.Program AutoCAD

§  2.Program SketchUp

§  3.Program Photoshop

§  4.Program Coreldraw

§  5.Program Microshop

§  6.Program pelatihan Furniture

§  7.Program alat ukur Teodholit

o    Program UKK

§  Visi : Siswa mandiri dalam meimplentasikan karya dan ide atau gagasan secara berkelompok dan mandiri secara kemasyarakatan.

§  Misi : siswa mampu melayani kebutuhan masyarakat dengan dibantu program desa untuk mewujudkan masyarakat sejahtera didalam infrastruktur kepemimpinan desa.

§  Sasaran :

§  1. Siswa kelas xii desain pemodelan dan informasi bangunan

§  2. Structural desa

§  3. Masyarakat

§  4. Pemerintah setempat

§  Teknis

§  1.Siswa survei lokasi tempat pemberdayaan system desa

§  2.Siswa meminta surat izin permohonan pada Lembaga

§  3.Siswa mendatangi desa ( kepala desa ) dalam pengajuan pemberdayaan desa

§  4.Siswa Menyusun program kerja dengan didampingi oleh guru/ kajur

§  5.Laporan siswa kepada Lembaga bahwasannya siswa sudah mendapatkan tempat lokasi pemberdayaan

§  6.Susunan jadwal dan pengondisian agenda selanjutnya

§  7.Program dilakukan selama 4 bulan mulai keluarnya surat izin dari Lembaga

§  8.Siswa didampingi oleh team pendamping dari smk melibatkan guru dan kajur

§  9.Laporan program sebagai ujikompetensi keahlian yang di jadwalkan serentak oleh Lembaga dan dopresentasikan

§  10. Siswa dikatakan lulus jika structural mampu membeeri nilai dan ttd acc kepuasan desa kepada siswa kelas xii dpib

§  11. Siswa memberikan laporan ke Lembaga berupa buku kegiatan dan lain-lain.

 

h.      Profil Jurusan Bisnis Digital SMK Darut Taqwa

o    1. Deskripsi Jurusan Bisnis Digital

§  Jurusan Bisnis Digital SMK Darut Taqwa adalah program studi yang dirancang untuk mencetak generasi muda yang siap menghadapi tantangan dunia bisnis modern. Jurusan ini menggabungkan ilmu bisnis dengan teknologi digital, sehingga lulusannya memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk bersaing di era digital.

o    2. Kemampuan Pokok Jurusan Bisnis Digital

·         Pemasaran Digital: Menguasai berbagai strategi pemasaran online, seperti SEO, SEM, sosial media marketing, dan content marketing.

·         E-commerce: Mampu membangun dan mengelola toko online, mulai dari pemilihan platform hingga manajemen produk.

·         Desain Grafis: Terampil dalam membuat desain visual yang menarik untuk keperluan promosi bisnis.

·         Pemrograman Dasar: Memahami dasar-dasar pemrograman untuk mengembangkan website atau aplikasi sederhana.

·         Analisis Data: Mampu mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis.

·         Kewirausahaan: Memiliki jiwa kewirausahaan yang kuat dan mampu menciptakan bisnis sendiri.

o    3. Sarana dan Prasarana Bisnis Digital

·         Laboratorium Komputer: Dilengkapi dengan perangkat komputer terbaru dan software-software yang relevan dengan dunia bisnis digital.

·         Ruang Kelas: Didesain nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas multimedia untuk mendukung proses belajar mengajar.

·         Perpustakaan: Menyediakan berbagai buku, jurnal, dan referensi tentang bisnis digital.

·         Akses Internet: Jaringan internet yang stabil dan cepat untuk mendukung kegiatan belajar dan penelitian.

·         Koneksi dengan Dunia Usaha: Menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan untuk memberikan kesempatan magang dan praktik kerja.

o    4. Profil Lulusan Jurusan Bisnis Digital

·         Lulusan jurusan Bisnis Digital SMK Darut Taqwa diharapkan menjadi:

·         Digital Marketer: Mampu merencanakan dan menjalankan strategi pemasaran digital yang efektif.

·         E-commerce Specialist: Mampu mengelola toko online dan meningkatkan penjualan.

·         Content Creator: Mampu menghasilkan konten kreatif untuk berbagai platform digital.

·         Wirausahawan: Mampu menciptakan dan mengembangkan bisnis sendiri.

·         Pegawai di Perusahaan Startup: Mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja yang dinamis dan inovatif.

o    5. Kurikulum Merdeka Bisnis Digital

·         SMK Darut Taqwa menerapkan Kurikulum Merdeka yang memberikan fleksibilitas bagi siswa untuk memilih mata pelajaran sesuai minat dan bakat. Kurikulum ini juga menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa, proyek berbasis masalah, dan kolaborasi dengan dunia kerja.

o    6. Kegiatan Ekstrakurikuler

·         Klub Bisnis: Melatih siswa untuk mengembangkan ide bisnis dan membuat rencana bisnis.

·         Komunitas Desain: Mengembangkan kreativitas siswa dalam bidang desain grafis.

·         Komunitas Digital Marketing: Memfasilitasi siswa untuk belajar dan berlatih strategi pemasaran digital.

o    7. Prestasi Siswa

·         Prestasi siswa dalam mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat provinsi mewakili sekolah menengah wilayah pasuruan dengan tema buyer persona yang dilaksanakan di Madiun

o    8. Testimoni Lulusan

·         "Selama belajar di jurusan Bisnis Digital SMK Darut Taqwa, saya banyak belajar tentang strategi pemasaran online dan cara membangun bisnis sendiri. Berkat ilmu yang saya dapatkan, sekarang saya bisa bekerja sebagai Digital Marketer di sebuah startup." - [Anindia]

i.        Profil Teknik Komputer Dan Jaringan

o    1. Merupakan salah satu dari 6 jurusan yang ada di smk darut taqwa purwosari pasuruan. Jurusan TKJ ini berfokus dalam pengembangan kompetensi siswa dibidang jaringan komputer Mulai dari spesifikasi komputer yang digunakan hingga kemanan yang diterapkan pada jaringan tersebut. Selain itu sekolah kami masih bernaung dibawah pondok pesantren, yang menjadikan jurusan kami semakin lengkap secara pengetahuan umum maupun secara pengetahuan agama.

§  Dalam proses pembelajaran sehari-hari, kami telah bekerja sama dan berkolaborasi bersama beberapa perusahaan untuk memadukan pembelajaran sehingga bisa sesuai dengan kebutuhan lapangan. Sehingga nantinya lulusan dari jurusan TKJ ini mampu menerapkan pengalaman yang telah dia dapatkan di dalam kehidupannya,  baik ketika ia berada dalam perusahaan maupun saat ia membuka usaha sendiri.

§  Adapun materi yang akan didapatkan oleh siswa kami secara umum yaitu:

o    Pengenalan Perangkat Jaringan (Komputer, Router, Wireless Device)

o    Konfigurasi dan Tata Kelola Perangkat Jaringan

o    Distribusi Jaringan untuk pelanggan

o    Membangun Server Jaringan

§  Salah satu program unggulan kami adalah Mikrotik Academy yaitu kerjasasma Internasional yang kami jalin dengan perusahaan Mikrotik yang terletak di Latvia dalam mencetak lulusan yang siap bersaing di dunia jaringan. Dengan didukung oleh trainer terpercaya dan bersertifikat resmi serta sarana dan prasarana yang lengkap.

o    2.Visi Teknik Komputer Dan Jaringan

§  Membentuk Lulusan yang kompeten dibidang jaringan (Skill, Knowledge) serta menjunjung tinggi Akhlaqul Karimah (Attitude)

o    3.Misi Teknik Komputer Dan Jaringan

§  Menyelenggarakan sistem pembelajaran berbasis industri

§  Menerapkan kurikulum berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)

§  Memberikan kesempatan yang luas kepada siswa untuk mengembangkan kreatifitasnya sesuai dengan kompetensi yang dipilih

§  Tetap memegang teguh Molimo

o    4. Tujuan Pembelajaran

§  memahami proses bisnis di bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi;

§  memahami wawasan perkembangan teknologi pada bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi;

§  memahami profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship), serta peluang usaha di bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi;

§  memahami K3LH di lingkungan kerjanya;

§  memahami dasar    teknik  jaringan komputer dan telekomunikasi;

§  memahami media dan jaringan telekomunikasi; dan

§  menerapkan prinsip dasar pengukuran dalam teknik jaringan komputer dan telekomunikasi.

o    5. Prospek Kerja di Bidang TKJ

§  Teknisi Jaringan: Merupakan posisi yang paling umum. Tugasnya meliputi instalasi, konfigurasi, perawatan, dan troubleshooting jaringan komputer. Dibutuhkan di berbagai perusahaan, mulai dari UMKM hingga korporasi besar.

§  Programmer: Jika Anda memiliki minat dalam pemrograman, Anda bisa mengembangkan aplikasi atau software yang berkaitan dengan jaringan. Permintaan programmer semakin meningkat seiring dengan berkembangnya teknologi.

§  System Administrator: Bertanggung jawab atas pengelolaan sistem operasi, database, dan aplikasi pada sebuah jaringan. Memastikan kinerja sistem berjalan dengan optimal dan aman.

§  Network Analyst: Melakukan analisis terhadap jaringan untuk mengidentifikasi masalah dan mencari solusi. Berperan penting dalam meningkatkan kinerja dan keamanan jaringan.

§  Konsultan IT: Memberikan saran dan solusi terkait masalah IT kepada klien. Membantu perusahaan dalam merencanakan dan membangun infrastruktur IT.

§  Data Scientist: Mengolah data besar (big data) untuk menghasilkan informasi yang berharga bagi perusahaan. Keterampilan di bidang jaringan sangat berguna untuk mengumpulkan dan mengelola data.

§  Cybersecurity Analyst: Melindungi sistem komputer dan jaringan dari serangan siber. Keahlian di bidang jaringan sangat penting untuk memahami bagaimana serangan siber bekerja.

§  Wiraswasta: Anda juga bisa membuka usaha sendiri, seperti jasa instalasi jaringan, penjualan perangkat jaringan, atau pengembangan aplikasi.

 

j.        Profil Desain Komunikasi Visual

o    DKV merupakan jurusan yang dahulunya bernama Multimedia (MM). Dalam DKV siswa dibekali dengan berbagai skill dengan tujuan:

§  memahami profil technopreneur, peluang usaha dan pekerjaan/profesi di bidang desain komunikasi visual dan grafika;

§  memahami proses bisnis berbagai industri di bidang desain komunikasi visual dan grafika;

§  memahami perkembangan teknologi di industri dan dunia kerja serta isu-isu global pada bidang desain komunikasi visual dan grafika;

§  memahami teknik dasar proses produksi pada industri desain komunikasi visual dan grafika;

§  memahami keterampilan membuat sketsa dan ilustrasi untuk kebutuhan dasar rancangan desain;

§  memahami komposisi tipografi untuk kebutuhan dasar rancangan desain;

§  memahami prosedur penggunaan peralatan fotografi;

§  memahami komputer grafis yang dibutuhkan pada pekerjaan desain komunikasi visual dan teknik grafika; dan

§  memahami dasar-dasar produksi grafika.

o    Prospek Kerja di Bidang DKV

§  Desainer Grafis: Membuat berbagai macam desain visual, mulai dari logo, poster, kemasan produk, hingga infografis. Bekerja di berbagai industri seperti periklanan, percetakan, media, dan e-commerce.

§  Web Designer: Merancang tampilan dan interaksi pengguna pada website. Memastikan website menarik, mudah digunakan, dan sesuai dengan tujuan bisnis.

§  Illustrator: Membuat ilustrasi untuk buku, majalah, game, atau animasi. Mengembangkan karakter dan visual yang unik.

§  Video Editor: Mengedit video untuk berbagai keperluan, seperti iklan, film pendek, atau konten media sosial. Menambahkan efek visual dan suara untuk membuat video lebih menarik.

§  Art Director: Memimpin tim kreatif dalam sebuah proyek desain. Menentukan konsep visual keseluruhan dan memastikan proyek berjalan sesuai rencana.

§  Publishing Designer: Merancang tata letak buku, majalah, atau publikasi lainnya. Memastikan tampilan visual menarik dan mudah dibaca.

§  Brand and Digital Designer: Membangun dan mengembangkan identitas visual sebuah merek. Membuat desain untuk berbagai platform digital, seperti media sosial dan website.

§  Photojournalist: Mengambil dan mengedit foto untuk keperluan jurnalistik. Menceritakan sebuah cerita melalui gambar.

§  Content Creator: Membuat konten visual yang menarik untuk berbagai platform media sosial. Membantu meningkatkan engagement dan jangkauan merek.

§  Social Media Specialist: Mengelola akun media sosial perusahaan. Membuat desain visual yang menarik untuk meningkatkan followers dan engagement.

k.      Profil Teknik Sepeda Motor

o    Capain Pembelajaran

§  memahami manajemen atau proses bisnis bidang otomotif;

§  memahami perkembangan teknologi otomotif perkembangan dunia kerja pada bidang otomotif serta isu-isu global terkait perkembangan dunia otomotif;

§  memahami  profesi   dan   kewirausahaan   (job-profile   dan technopreneurship), dan peluang usaha di bidang otomotif;

§  memahami K3LH di tempat kerja;

§  memahami teknik dasar pemeliharaan dan perbaikan yang terkait dengan bidang otomotif;

§  memahami gambar pada bidang teknik otomotif sesuai standar yang digunakan;

§  memahami penggunaan peralatan di bengkel otomotif sesuai standar yang digunakan;

§  memahami perawatan komponen otomotif sesuai sesuai standar yang digunakan;

§  memahami dasar-dasar elektronika otomotif; dan

§  memahami dasar-dasar sistem hidrolik dan pneumatik.

o    Prospek Kerja Jurusan TSM

§  Teknisi/Mekanik:

§  Bengkel resmi: Bekerja di bengkel resmi berbagai merek kendaraan bermotor untuk melakukan perawatan, perbaikan, dan diagnosa kerusakan kendaraan.

§  Bengkel umum: Membuka atau bekerja di bengkel umum yang melayani berbagai jenis kendaraan.

§  Dealer: Bekerja di bagian servis atau bengkel di dealer kendaraan.

§  Teknisi Produksi:

§  Pabrik otomotif: Bekerja dalam proses perakitan, pengujian, dan pengendalian kualitas kendaraan di pabrik.

§  Peneliti dan Pengembang:

§  Pusat penelitian: Melakukan penelitian dan pengembangan teknologi baru di bidang otomotif, seperti kendaraan listrik, kendaraan otonom, atau bahan bakar alternatif.

§  Wirausaha:

§  Membuka bengkel sendiri: Membuka bengkel khusus sepeda motor atau bengkel umum.

§  Menjadi supplier spare part: Menyuplai spare part asli atau aftermarket untuk kendaraan bermotor.

§  Menjadi konsultan otomotif: Memberikan konsultasi terkait perbaikan, perawatan, atau modifikasi kendaraan.

§  Modifikator kendaraan: Melakukan modifikasi kendaraan sesuai permintaan konsumen.

§  Instruktur:

§  Lembaga pendidikan: Menjadi instruktur di sekolah menengah kejuruan atau lembaga pelatihan otomotif.

§  Sales:

§  Dealer: Menjual kendaraan bermotor atau spare part di dealer.

§  Asuransi:

§  Surveyor kendaraan: Melakukan penilaian kerusakan kendaraan untuk keperluan asuransi.

Scroll to Top